jambi658, rita (2021) Analisis Motivasi Siswa Memilih Pesantren Al-Kinanah Jambi Sebagai Lembaga Pembelajaran Bahasa Arab. S1 thesis, pendidikan bahasa arab.
![]() |
Text
editing_skripsi[1].pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
COVER_RITA[1].pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_RITA[1].pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB_I_RITA[1].pdf Download (430kB) |
![]() |
Text
BAB_V_RITA[1].pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
halaman_persetujuan_dan_pengesahan[1].pdf Download (448kB) |
Abstract
Rita. 2021. Analisis Motivasi Siswa Memilih Pesantren Al-Kinanah Jambi Sebagai Lembaga Pembelajaran Bahasa Arab: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Mohamad Muspawi, M.Pd.I., (II) Sahrizal Vahlepi, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Motivasi. Lembaga Pembelajaran Bahasa Arab. Skripsi ini membahas tentang Analisis Motivasi Siswa Memilih Pesantren Al- Kinanah Jambi Sebagai Lembaga Pembelajaran Bahasa Arab. Dengan permasalahan bagaimana siswa bisa termotivasi memilih pesantren Al-Kinanah Jambi sebagai lembaga pembelajaran bahasa arab, apa saja faktor yang pendorong siswa memilih pesantren Al-kinanah Jambi sebagai lembaga pembelajaran bahasa arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu data yang diperoleh dalam bentuk pendapat, pandangan atau ungkapan pemikiran lain yang diperoleh melalui hasil wawancara . Sedangkan metode yang digunakan adalah observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari pimpinan Pesantren Al-Kinanah Jambi, Staf TU dan siswa. Dijadikannya sebagai obyek informan sebab peneliti bahwa mereka inilah yang berkompeten memberikan keterangan atau data yang erat hubungannya dengan masalah yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan menggunkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menujukkan bahwa ada dua faktor yang memotivasi siswa memilih Pesantren Al-Kinanah Jambi sebagai lembaga pembelajaran bahasa arab (1) faktor internal, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa tersebut tanpa ada paksaan dari orang lain. Dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti kepada siswa Pesantren Al-Kinanah Jambi hampir sebagian siswa mengatakan bahwa mereka memilih masuk pesantren atas keinginan mereka sendiri dan bukan paksaan dari orang lain. Mereka menganggap dengan masuk ke pesantren ini akan menjadikan mereka pribadi yang lebih baik lagi, dan mereka beranggapan bahwa dipesantren ini ilmu agamanya baik serta pembelajaran yang menyenangkan karena tidak hanya belajar agama namun mereka juga bisa belajar pelajaran umum seperti pelajaran ipa,ips dan lain sebagainya. (2) faktor eksternal, yaitu faktor yang berasal bukan dari diri mereka sendiri melainkan atas masukan dan dorongan dari orangtua. Dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti kepada siswa pesantren Al- Kinanah Jambi sebagian besar siswa memilih masuk pesantren karena dorongan dari orangtuanya. Dengan tujuan orangtua agar mereka bisa menjadi anak yang berakhlak mulia serta ada yang mengawasi kegiatan yang mereka lakukan selama dipesantren. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada 15 April 2021penulis mengambil kesimpulan bahwa motivasi siswa memilih pesantren Al-Kinanah Jambi ini terdiri dari dua faktor yakni faktor intenal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa tersebut yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke pesantren Al-Kinanah Jambi ini , dengan tujuan ingin memperbaiki diri serta mempelajari bahasa asing yang ada dalam pesantren tersebut yakni bahasa inggris dan bahasa arab. Sedangkan faktor ekternal merupakan faktor yang berasal dari dorongan dan masukan keluarga dengan tujuan agar anaknya bisa mendapatkan pendidikan agama dan moral yang baik dalam pesantren Al-Kinanah Jambi ini.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | Rita |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 07:28 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 07:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24992 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |