Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tipe 5E Berbasis Scaffolding sebagai Transfer Tanggung Jawab Kelas VIII di SMPN 1 Kota Jambi

Sari, Desi Puspita and Rusdi, muhammad and Anggereini, Evita (2021) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tipe 5E Berbasis Scaffolding sebagai Transfer Tanggung Jawab Kelas VIII di SMPN 1 Kota Jambi. S2 thesis, magister pendidikan IPA.

[img] Text
1.COVER THESIS.pdf

Download (196kB)
[img] Text
PESERTUJUAN DAN PENGESAHAN DESI.pdf

Download (596kB)
[img] Text
5.ABSTRAK THESIS.pdf

Download (10kB)
[img] Text
12.BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
13.DAFTAR PUSTAKA.proposal.pdf

Download (301kB)

Abstract

Penelitian tentang scaffolding ini bertujuan untuk mengetahui bantuan apa yang tepat diberikan guru kepada peserta didik dalam menguasai beberapa teknik belajar yang sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan. Scaffolding dapat berbentuk verbal (language development focused), prosedural (grouping technique and activity structure and frames), dan berbentuk tools (tools that support learning). Scaffolding dapat diberikan setelah melakukan dynamics assessment di kelas. Penelitian ini dilakukan dengan mempersiapkan scaffolding procedural dalam bentuk LKPD dan dipraktekkan di kelas dalam pembelajaran untuk mendapatkan dinamika fading dan transfer tanggung jawab komponen aktivitas pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri tipe 5E yaitu Engage, Explore, Explain, Elaborate, dan Evaluate. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung secara tiga siklus. Tiap siklus melalui tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Jenis data dalam penelitian ini berupa data tindakan guru dan tindakan siswa dalam bentuk lembar observasi dan data penilaian keterampilan diskusi kelompok dengan tahapan 5E melalui LKPD yang telah dirancang. Hasil penelitian menunjukkan adanya transfer tanggung jawab dari guru ke peserta didik. Pada akhirnya, dengan memberikan instruksi yang berkualitas, memungkinkan peserta didik untuk melaksanakan tugasnya sebagai siswa dengan baik.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: DESI PUSPITA SARI
Date Deposited: 28 Jul 2021 07:27
Last Modified: 28 Jul 2021 07:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25009

Actions (login required)

View Item View Item