DAYA TANGGAP PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA MAYANG KOTA JAMBI TERHADAP KOMPLAIN PELANGGAN DALAM PELAYANAN AIR BERSIH

Rumasingap, Cahyadi (2021) DAYA TANGGAP PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA MAYANG KOTA JAMBI TERHADAP KOMPLAIN PELANGGAN DALAM PELAYANAN AIR BERSIH. S1 thesis, Ilmu Pemerintahan.

[img] Text
File SKRIPSI. CAHYADI RUMASINGAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Cover (1).pdf

Download (158kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (6kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (91kB)
[img] Text
INTISARI.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan air bersih yang diberikan oleh PDAM Tirta Mayang Kota Jambi, kinerja PDAM Tirta Mayang Kota Jambi dalam menanggapi keluhan pelanggan dan upaya dalam meningkatkan responsivitas pegawai. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan teknik kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan dari penelitian ini adalah manager pengelolaan pelanggan, supervisor departemen unit keluhan dan gangguan pelanggan, staff unit keluhan dan gangguan pelanggan, masyarakat yang terdaftar sebagai pelanggan pengguna jasa dari PDAM Tirta Mayang Kota Jambi sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar, PDAM telah berusaha memberikan layanan yang baik guna untuk peningkatan kualitas, dan implementasi layanan. Pihak PDAM Tirta Mayang Kota Jambi sadar bahwa banyak kekurangan dalam hal fasilitas penunjang, akan tetapi mereka tetap terus berusaha memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan kemampuan. Sehingga pelayanan yang baik dapat tercapai, terutama untuk kepastian waktu dalam memperbaiki kerusakan, baik itu kerusakan besar maupun kecil. Kerusakan yang terjadi sulit untuk ditentukan kapan selesainya diperbaiki, karena setiap kerusakan memiliki tingkat kesukaran berbeda-beda dalam penyelesaiannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi pendistribusian air bersih adalah pemadaman listrik, kebocoran terjadi akibat pembangunan jalan ataupun usia pipa yang sudah tua, pengendapan lumpur dan meteran rusak. Kebocoran pipa merupakan faktor yang sangat membutuhkan waktu pengkondisian maksimal dalam memperbaikinya karena dalam penanganannya lebih rumit.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: CAHYADI RUMASINGAP
Date Deposited: 28 Jul 2021 07:42
Last Modified: 28 Jul 2021 07:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25017

Actions (login required)

View Item View Item