Ariansi, Dinar S and Ningsih, Rozaina and Ulma, Riri O (2021) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN KELAPA DALAM DENGAN PENDEKATAN STRUCTURE, CONDUCT, AND PERFORMANCES DI KECAMATAN MENDAHARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
SKRIPSI DINAR SELGI ARIANSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (19kB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (282kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (256kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (365kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (455kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk melihat gambaran pemasaran kelapa dalam secara umum di Kecamatan Mendahara, 2) Untuk menganalisis saluran pemasaran dan fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan setiap lembaga pemasaran kelapa dalam di Kecamatan Mendahara, dan 3) Untuk menganalisis efisiensi pemasaran kelapa dalam ditinjau dari struktur, perilaku dan kinerja pasar di Kecamatan Mendahara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan pendekatan structure, conduct, and performances (SCP). Penelitian ini telah dilaksanakan di Kecamatan Mendahara dengan jumlah ukuran sampel petani adalah 67 KK, 2 orang pedagang pengumpul, dan 7 pedagang besar. Berdasarkan penelitian mengenai pemasaran kelapa dalam di Kecamatan Mendahara, (1) didapati 4 saluran pemasaran yaitu Petani-Pedagang Pengumpul -Pedagang Besar - Pabrik Pengolahan Pulau Sambu; Petani - Pedagang Besar - Pabrik Pengolahan Pulau Sambu; Petani - Pedagang Pengumpul - Pedagang Besar - Konsumen Akhir; dan Petani - Pedagang Besar - Konsumen Akhir. (2) Fungsi pemasaran yang dilaksanakan oleh lembaga pemasaran yang terlibat adalah fungsi pertukaran, fisik, dan fasilitas. (3) Dengan pendekatan Structure (struktur pasar) didapati bahwa pasar kelapa dalam di Kecamatan Mendahara merupakan pasar Oligopsoni. Pendekatan Conduct (perilaku pasar) menunjukkan bahwa perilaku pasar yang berbeda-beda pada lembaga pemasaran yang terlibat didalamnya. Dari sisi Performances (kinerja pasar), penyebaran nilai marjin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya yang tidak merata pada masing-masing lembaga pemasaran. Berdasarkan analisis efisiensi pemasaran kelapa dalam dengan pendekatan struktur, perilaku dan kinerja pasar, disimpulkan bahwa secara umum pemasaran komoditi kelapa dalam di Kecamatan Mendahara belum efisien. Berdasarkan penelitian yang dilakukan saluran IV (Petani-Pedagang Besar-Konsumen Akhir) merupakan alternatif saluran pemasaran yang efisien yang dapat dipilih oleh petani. Kata Kunci: Efisiensi, Pemasaran, Kelapa Dalam, SCP (structure, conduct, and performances)
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Dinar Selgi Ariansi |
Date Deposited: | 29 Jul 2021 02:57 |
Last Modified: | 29 Jul 2021 02:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25044 |
Actions (login required)
View Item |