Pengembangan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa Kelas X SMA

Sari, Ika Purnama Pengembangan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa Kelas X SMA. BIODIK.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH-Ika Purnama Sari.pdf

Download (905kB)

Abstract

Perubahan kurikulum akan membawa suasana dan karakteristik tersendiri, pada saat ini penekanan proses pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum 2013 terletak pada pada penggunaan pendekatan saitifik yang mengutamakan kreativitas dan temuan siswa. Biologi merupakan salah satu bagian Ilmu Pengetahuan Alam, dalam proses pembelajarannya keaktifan peserta didik merupakan inti dari pola belajar. Keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran. Permainan papan seperti monopoli dapat menjadi sebuah ide untuk merancang media pembelajaran yang mudah digunakan, menyenangkan, dan dapat digunakan dimanapun dan kapanpun oleh para pemainnya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa permainan monopoli pada materi ekosistem, mengetahui kelayakan media pembelajaran berupa permainan monopoli pada materi ekosistem dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berupa permainan monopoli yang dikembangkan. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE dengan lima tahap: analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Validator terhadap rancangan media permainan monopoli terdiri atas validator media dan validator materi. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Kota Jambi. Hasil penelitian ini berupa media permainan monopoli yang telah divalidasi oleh ahli media dan memperoleh skor 45 dengan persentase 80% termasuk ke dalam kategori baik pada tahap akhir, dan validasi yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh skor 54 dengan persentase 94,42% termasuk ke dalam kategori sangat baik pada tahap akhir. Hasil yang diperoleh dari ujicoba di SMA Negeri 5 Kota Jambi dengan jumlah responden sebanyak 12 siswa mendapatkan skor 756 dengan persentase 92,65% termasuk ke dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media permainan monopoli pada materi ekosistem yang dikembangkan mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dan layak digunakan serta dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi ekosistem.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: IKA PURNAMA SARI
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:11
Last Modified: 12 Dec 2017 04:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2517

Actions (login required)

View Item View Item