NOVITA SARI, DEVY DESKRIPSI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) AUTIS DI KELAS VIII INKLUSI SMP N 6 KOTA JAMBI. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. (Unpublished)
Text
ARTIKEL ILMIAH DEVY NOVITA SARI (RRA1C212035).pdf Download (586kB) |
Abstract
Autis memiliki karakteristik yang dapat menghambat dalam keberhasilan belajar matematika. pemahaman guru terhadap karakter siswa autis, serta pelaksanaan proses pembelajaran hingga evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran harus sangat diperhatikan guna mencapai keberhasilan pembelajaran matematika pada anak berkebutuhan khusus (ABK) autis di kelas inklusi. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengamati, mendeskripsikan, dan menganalisis: Bagaimana proses pembelajaran matematika pada anak berkebutuhan khusus (ABK) autis di kelas inklusi SMP N 6 Kota Jambi dalam mencapai keberhasilan belajar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian meliputi guru mata pelajaran matematika, guru pembimbing khusus (GPK), dan siswa berkebutuhan khusus autis. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini antara lain: (1) guru mata pelajaran matematika sudah memiliki kesiapan dalam memahami karakteristik siswa autis secara umum dan merencanakan pembelajaran yang tertuang di RPP yang sama antara siswa reguler dan siswa autis dengan tetap memperhatikan karakteristik siswa autis. (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan seperti yang sudah di rencanakan di dalam RPP. Guru melakukan pengkondisian dengan mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis. Penggunaan model, metode, media pembelajaran disamakan antara siswa reguler dan siswa autis. Dalam pelaksanaan ada metode yang sudah dapat mengakomodir siswa reguler dan siswa autis, namun masih ada metode yang membuat siswa autis mengalami hambatan dalam belajar. (3) Dalam evaluasi dan tindak lanjut, GPK melakukan evaluasi harian setiap selesai suatu materi dan merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pengayaan yang dilaksanakan dalam bimbingan khusus berupa sesi les yang dilakukan oleh GPK sepulang sekolah. Dalam bimbingan khusus siswa diberikan materi pengayaan dengan metode drill ditambah dengan mengulang dan membahas kembali materi pelajaran yang belum dipahami oleh siswa autis yang nantinya berguna untuk menguatkan pemahaman siswa autis pada suatu konsep menemukan rumus teorema phytagoras dan menghitung panjang sisi pada segitiga siku-siku.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | DEVY NOVITA SARI |
Date Deposited: | 07 Dec 2017 06:59 |
Last Modified: | 07 Dec 2017 06:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2521 |
Actions (login required)
View Item |