Wahyuni, sri (2021) Manajemen Perencanaan Pembelejaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Al-Kinanah Jambi. S1 thesis, Pendidikan Bahasa Arab.
![]() |
Text
SKRIPSI SRI WAHYUNI 5 JULI.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
cover .pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
CamScanner 07-30-2021 17.00.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (557kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (479kB) |
Abstract
Wahyuni, Sri. 2017. Manajemen Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Al-Kinanah Jambi: Skripsi, Pendidikan Bahasa Arab, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Mulyadi, S.Ag., M.Pd.I, (II) Mar’atun Sholiha, S.Pd.I., M.Pd.I., Kata kunci: manajemen, perencanaan, pembelajaran, bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanmanajemen perencanaan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Al-Kinanah Jambi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Al-Kinanah Jambi pada 9 Februari 2021 - 9 April 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dengan guru bidang studi Bahasa Arab (sebagai data utama), observasi dan dokumentasi (sebagai data penunjang). Setelah itu data dianalisis secara kualitatif deskriptif. Untuk menguji keabsahan data yang digunakan ialah dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen perencanaan pembelajran di Madrasah aliyah Pondok Pesantren Modern Al-Kinanah direncanakan secara tertulis dalam bentuk RPP, kitab Tamrinat dijadikan sebagai pedoman oleh tenaga pengajar sebagai pedoman proses pelaksanaan pembelajaran. Metode penyampaian materi menggunakan metode qawaid wa tarjamah, toriqoh mubasyaroh, dan samiyah safawiyah. melainkan direncanakan secara tertulis. Adapun kendala guru dalam merencanakan pembelajaran adalah 1) Karena Pondok Pesantren Modern Al-kinanah ini masih baru. 2) minimnya media pembelajaran. Yang menjadi sebab terjadinya kendala dalam manajemen perencanaan pembelajaran Bahasa Arab adalah karna Pondok Pesantren Modern Al-Kinanah ini masih baru dan kurangnya sarana dan prasarana. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pondok Pesantren Modern Al-Kinanah Jambi mengadakan proses perencanaan pembelajaran Bahasa Arab sudah baik, sebagai bentuk upaya sekolah dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik maupun peserta didik di Pondok Pesantren Modern Al-Kinanah Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | WAHYUNI |
Date Deposited: | 03 Aug 2021 06:35 |
Last Modified: | 03 Aug 2021 06:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25248 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |