Hendra, FNU (2021) STRATEGI PROMOSI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TEBO DALAM MEMPERKENALKAN POTENSI PARIWISATA. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (177kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (148kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (663kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (156kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (175kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
Abstract
ABSTRAK Kabupaten Tebo ini memiliki potensi pariwisata (Tourism resources), yang cukup besar apabila dikelola/dikemas secara baik dipastikan akan dapat memberikan efek bagi peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan kualitas sumber daya manusia. Namun saat ini belum adanya informasi yang cukup memadai tentang objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Tebo sehingga belum banyak wisatawan dan juga masyarakat yang mengetahui objek-objek wisata yang cukup potensial. Oleh karena itu, hal tersebut perlu diatasi dengan melakukan promosi dan penyediaan informasi. Penelitian 1) untuk mengetahui dan menganalisis bentuk strategi promosi dalam mengoptimalkan potensi wisata di Kabupaten Tebo untuk meningkatkan ekonomi masyarakat; 2) untuk mengetahui dan menganalisis implementasi strategi promosi dalam mengoptimalkan potensi wisata di Kabupaten Tebo untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Hasil penelitian berupa pengembangan pariwisata Kabupaten Tebo memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tebo yang berada di sekitar objek wisata. Dampak yang dapat dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Tebo adalah terbukanya peluang usaha, peluang usaha tersebut terdiri dari usaha kuliner, toko cendera mata, dan toko kelontong, Pendapatan yang diterima oleh masyarakat dari hasil usaha yang dijalankan tersebut dapat mencukupi kebutuhan keluarga, biaya pendidikan dan biaya kesehatan. Disarankan untuk 1) kepada Pemerintah daerah Kabupaten Tebo agar dapat mengoptimalkan penyediaan fasilitas dalam pengembangan pariwisata guna menarik minat wisatawan lokal maupun asing, sehingga jumlah kunjungan wisatawan meningkat; 2) kepada masyarakat agar lebih membangun kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan dan lebih meningkatkan kegiatan usahanya. Kata Kunci: Strategi Promosi, Potensi Pariwisata. ABSTRACT Tebo Regency has tourism potential (Tourism resources), which is quite large if it is properly managed / packaged it will certainly have an effect on improving the community's economy, improving the quality of human resources. However, currently there is no sufficient information about the tourist objects in Tebo Regency so that not many tourists and also the public know about the potential tourist objects. Therefore, it needs to be overcome by promoting and providing information. The research objective was to test the workforce assessment of the implementation of training and training directors to increase knowledge and skills. The unit of analysis in this research is to increase the knowledge and skills of the workforce during training. The research conducted is a qualitative descriptive study. So in this study tries to present a description of the situation or event to be studied, namely 1) to find out and analyze the form of promotional strategies in optimizing tourism potential in Tebo Regency to improve the community's economy; 2) To identify and analyze the implementation of promotional strategies in optimizing tourism potential in Tebo Regency to improve the community's economy. The development of tourism in Tebo Regency has an impact on the welfare of the people of Tebo Regency who are around the tourist attraction. The significant impact felt by the people of Tebo Regency is the opening of business opportunities, these business opportunities consist of culinary businesses, gift shops, and grocery stores, the income received by the community from the results of the business being run can meet family needs, education costs and costs health. Suggested for 1) To the local government of Tebo Regency in order to optimize the provision of facilities in tourism development in order to attract local and foreign tourists, so that the number of tourist visits increases; 2) to the community to build more awareness to protect the environment and further increase their business activities. Keywords: Promotion Strategy, Tourism Potential.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promotion Strategy, Tourism Potential. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | HENDRA |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 02:23 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 02:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25275 |
Actions (login required)
View Item |