Sikap Siswa Terhadap Fisika dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 6 Kota Jambi

RamaDini, Mulya and Maison, Maison and Darmaji, Darmaji (2021) Sikap Siswa Terhadap Fisika dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 6 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi liya lengkap-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
caver liya-dikonversi.pdf

Download (23kB)
[img] Text
hal pengesah dan hal persetujuan liya-dikonversi.pdf

Download (741kB)
[img] Text
ABSTRAK liya selesai-dikonversi.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I liya-dikonversi.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB V liya.docx

Download (16kB)
[img] Text
Daftar pustaka liyaa-dikonversi.pdf

Download (80kB)

Abstract

Dini, Mulya, Rama, 2021. Sikap Siswa Terhadap Fisika dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 6 Kota Jambi : Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi. Dibimbing olehDrs. Maison., M. Si., Ph. D., CIQaR., CIQnR dan Drs. Darmaji., M. Si. Kata Kunci: sikap siswa, hasil belajar. Sikap merupakan pandangan atau perasaan yang disertai kecenderungan untuk bertindak terhadap obyek tertentu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMAN 6 Kota Jambi, dan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara sikap dan hasil belajar fisika siswa di SMAN 6 Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif asosiatif. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini seluruh siswa kelas XI dan XII IPA di SMA Negeri 6 Kota Jambi yang berjumlah 333 orang. Instrumen yang digunakan berupa test hasil belajar dan angket sikap terhadap matapelajaran fisika, Kemudian dokumentasi sebagai data penunjang ketika siswa mengisi angket. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui gambaran data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial untuk mengetahui hubungan antara variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap yang paling dominan adalah implikasi sosial dengan nilai persentase sebesar 77,77% pada kelas XI , 75,66% di kelas XII dengan katagori sedang dan hasil belajar paling dominan yaitu 65,27% di kelas XI, 51,85% pada kelas XII. Secara statistik inferensial tidak terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika dengan nilai korelasi dikelas XI dan XII sebesar 0,018 dan 0,044 dengan nilai signifikansi 0,833 dan 0,549. Nilai korelasi tersebut tergolong tidak memiliki tingkat keeratan hubungan yang kuat .

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: DINI
Date Deposited: 03 Aug 2021 02:40
Last Modified: 03 Aug 2021 02:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25284

Actions (login required)

View Item View Item