Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Bilingual [Indonesia-Inggris] Berilustrasikan Komik Untuk Mendukung Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Sma

Sary, Novita (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Bilingual [Indonesia-Inggris] Berilustrasikan Komik Untuk Mendukung Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Sma. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER SKRIPSI Novita Sary_A1C217056.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Pengesahan wangi.pdf

Download (693kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)

Abstract

Sary, Novita. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bilingual Berilustrasikan Komik untuk Mendukung Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Wardi Syafmen, M.Si., (II) Novferma, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: LKPD, bilingual, komik, kemampuan berpikir kreatif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X MIPA 2 SMAS Adhyaksa I Jambi. Faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif adalah peserta didik belum terbiasa menggunakan bahan ajar yang berisi soal-soal ataupun permasalahan yang dapat menunjang kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Sehingga untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik maka dikembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bilingual berilustrasikan komik untuk mendukung berpikir kreatif siswa kelas X SMA dan berdasarkan kualitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan berdasarkan kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE menurut Branch (2009) meliputi tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 2 SMAS Adhyaksa 1 Jambi dengan subjek uji coba kelompok kecil 9 orang peserta didik dengan kriteria tinggi, sedang, dan rendah yang dipilih secara langsung oleh guru mata pelajaran matematika yang mengajar di kelas tersebut. Instrument penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli instrument, ahli desain, ahli materi, ahli bahasa, angket respon pendidik dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan mengalami beberapa kali revisi berdasarkan saran dan komentar dari validator ahli desain dan ahli materi. Kualitas LKPD dalam kategori baik, dikarenakan memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian ini yakni: (1) Persentase kevalidan LKPD dari ahli desain diperoleh 80% (valid), dari ahli materi diperoleh 96,9% (sangat valid) dan dari ahli bahasa diperoleh 80% (valid). (2) Persentase kepraktisan LKPD oleh pendidik diperoleh 96% (sangat praktis) dan oleh peserta didik diperoleh 93,75% (sangat praktis). Dengan demikian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bilingual berilustrasikan komik untuk mendukung berpikir kreatif siswa kelas X SMA dapat digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran karena sudah melalui tahapan kevalidan dan kepraktisan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SARY
Date Deposited: 05 Aug 2021 04:01
Last Modified: 05 Aug 2021 04:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25328

Actions (login required)

View Item View Item