Novalina, Halima Putri Pengembangan Alat Peraga Sistem Pencernaan Manusia Dari Bahan Limbah Untuk Kelas VIII SMP. Biodik. ISSN 2460-2612
Text
Artikel.pdf Download (1MB) |
Abstract
Biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang mempelajari tentang makhluk hidup, makhluk tak hidup, dan lingkungan. Untuk dapat mempelajari Biologi dengan baik siswa dituntut untuk banyak membaca dan melakukan praktikum, serta memiliki sikap aktif, kreatif, dan inovatif. Materi sistem pencernaan manusia mempelajari tentang alat-alat pencernaan manusia dan proses pencernaan manusia dan untuk dapat memahami konsep dan memvisualisasikan informasi yang diterima dari guru dapat disederhanakan dengan bantuan alat peraga yang diharapkan dapat menarik simpati dan lebih memudahkan memahami materi. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan alat peraga sistem pencernaan yang bisa digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga sistem pencernaan manusia dari bahan limbah, serta mengetahui ujicoba produk pada siswa terhadap penggunaan alat peraga. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yang menghasilkan produk alat peraga. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan langkah-langkah analysis, design, development, implementation,dan evaluation. Media divalidasi oleh validator media dan validator materi, kemudian dilakukan ujicoba produk pada kelompok kecil, yang dilakukan di SMP Negeri 2 Sungai Penuh. Berdasarkan hasil validasi media melalui validator media yang dilakukan sebanyak dua kali, validasi pertama diperoleh skor 25 dengan kategori tidak baik dan validasi kedua diperoleh skor 34 dengan kategori baik dari skor maksimal 50, dan hasil validasi materi melalui validator materi yang dilaksanakan sebanyak dua kali, validasi pertama diperoleh skor 67 dengan kategori sangat baik dan validasi kedua diperoleh skor 73 dengan kategori sangat baik dari skor maksimal 75, dapat disimpulkan produk layak untuk diujicobakan sesuai dengan saran revisi. Hasil ujicoba pada kelompok kecil yang dilakukan di SMP Negeri 2 Sungai Penuh diperoleh persentase sebesar 89,3% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alat peraga sistem pencernaan manusia dari bahan limbah termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran materi sistem pencernaan manusia.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | HALIMA PUTRI N |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 04:11 |
Last Modified: | 12 Dec 2017 04:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2534 |
Actions (login required)
View Item |