PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI RUANG LINGKUP KIMIA UNTUK SISWA KELAS X DI SMAN 4 KOTA JAMBI

Amelia, Hanny PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI RUANG LINGKUP KIMIA UNTUK SISWA KELAS X DI SMAN 4 KOTA JAMBI. Jurnal Pendidikan Kimia.

[img] Text
ARTIKEL HANNY AMELIA (RSA1C112017).pdf

Download (149kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di dalam dunia pendidikan dapat mempermudah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didik. Kegiatan pembelajaran tidak lagi terbatas pada ruang dan waktu tertentu, melainkan dapat berlangsung kapan saja dan dimana saja karena didukung oleh perkembangan yang luar biasa di bidang ICT yaitu: komputer, multimedia dan telekomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan multimedia pembelajaran ruang lingkup kimia menggunakan lectora inspire dan mengetahui respon siswa kelas X MIA 1 SMAN 4 kota Jambi terhadap multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Prosedur penelitian menggunakan model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil yakni sepuluh orang siswa kelas X MIA 1 SMAN 4 kota Jambi. Produk hasil dari pengembangan berupa multimedia pembelajaran menggunakan lectora inspire pada materi ruang lingkup kimia yang telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi masing-masing dilakukan sebanyak tiga kali. Dengan hasil penilaian rerata ahli materi adalah 4,73 “sangat baik”, ahli media 4,60 “sangat baik”, penilaian guru 4,87 “sangat baik” dan hasil respon siswa didapat persentase sebesar 83,8% “sangat baik” dan dapat dinyatakan bahwa siswa memberikan respon sangat baik terhadap produk multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran ruang lingkup kimia menggunakan lectora inspire sangat menarik, mudah difahami, efektif dan baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran kimia.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HANNY AMELIA
Date Deposited: 12 Dec 2017 07:49
Last Modified: 12 Dec 2017 07:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2539

Actions (login required)

View Item View Item