Bayana, Bayana PENGARUH PERSEPSI ANGGOTA TENTANG LAYANAN PENGURUS DAN MOTIVASI BERKOPERASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI KOPERASI UNIT DESA (KUD) MARGA JAYA KECAMATAN SUNGAI GELAM. Pendidikan ekonomi. (In Press)
Text
A R T I K E L.pdf Download (169kB) |
Abstract
Bayana. 2017. Pengaruh Persepsi Anggota tentang Layanan Pengurus dan Motivasi Berkoperasi terhadap Loyalitas Konsumen di Koperasi Unit Desa (KUD) Marga Jaya Kecamatan Sungai Gelam. Pembimbing (I) Dr. Hj. Farida Kohar, MP (II) Riyo Riyadi, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: persepsi anggota tentang layanan pengurus, motivasi berkoperasi, dan loyalitas konsumen. Konsumen/ anggota banyak kurang loyal, banyak anggota keluar dari koperasi, dari tahun 2012- 2016 anggota koperasi banyak keluar dari pada yang masuk, hampir setiap tahun jumlah anggotanya menurun. Sehingga koperasi tidak tidak bisa berkembang tanpa adanya anggota, banyak koperasi hanya tinggal nama saja. Ini dikarenakan pengurus kurang memperhatikan layanan yang diberikan kepada anggota dan kurangnya motivasi berkoperasi aggotanya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi anggota tentang layanan pengurus terhadap loyalitas konsumen di Koperasi Unit Desa (KUD) Marga Jaya, 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi berkoperasi terhadap loyalitas konsumen di Koperasi Unit Desa (KUD) Marga Jaya, 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi anggota tentang layanan pengurus dan motivasi berkoperasi terhadap loyalitas konsumen di Koperasi Unit Desa (KUD) Marga Jaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bersifat ex-post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah anggota Koperasi Unit Desa (KUD) Marga Jaya Desa Petaling Kecamatan Sungai Gelam. Populasi penelitian ini berjumlah 374 dan sampelnya berjumlah 79 orang. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang berisikan 38 item untuk persepsi anggota tentang layanan pengurus, 20 item untuk motivasi berkoperasi dan 28 item untuk loyalitas konsumen. Penelitan ini dilakukan dari bulan Agustus sampai September 2017. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada anggota KUD Marga Jaya. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis dengan menggunakan Program SPSS release 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikansi persepsi anggota tentang layanan pengurus terhadap loyalitas konsumen di KUD Marga Jaya dengan nilai signifikansi 0.001 < 0,05, ada pengaruh signifikansi motivasi berkoperasi terhadap loyalitas konsumen di KUD Marga Jaya dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05, ada pengaruh signifikansi persepsi anggota tentang layanan pengurus dan motivasi berkoperasi terhadap loyalitas konsumen di KUD Marga Jaya dengan nilai f hitung 31.213 > f tabel 3.11 pada signifikansi 0.000, serta hasil koefisien determinasi sebesar 0,451 atau 45,1 persen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan harapan kedepan adalah penelitan ini berguna sebagai bahan informasi dan masukan bagi anggota KUD Marga Jaya bisa lebih meningkatkan loyalitas konsumen, lebih mementingkan kebutuhan angotanya, meningkatkan pelayanan pengurus dan lebih meningkatnya motivasi berkoperasi. Dan penelitian ini diharapkan bisa menjadi yang berguna bagi peneliti selanjutnya.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | Bayana |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 04:11 |
Last Modified: | 12 Dec 2017 04:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2540 |
Actions (login required)
View Item |