Pengaruh Manajemen Diri dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 11 Kota Jambi

Utami, Revie Daramitha Pengaruh Manajemen Diri dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 11 Kota Jambi. Pendidikan ekomomi. (In Press)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (223kB)

Abstract

Utami, Revie Daramitha. 2017. Pengaruh Manajemen Diri dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 11 Kota Jambi. Pembimbing (I) Dr. Hj. Farida Kohar, MP (II) Ahmad Nasori, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Diri, Pemanfaatan Sumber Belajar, Hasil Belajar. Rendahnya hasil belajar siswa merupakan salah satu masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran disekolah. Salah satunya faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah manajemen diri dan pemanfaatan sumber belajar. Siswa dituntut untuk memiliki manajemen diri yang baik dan dapat memanfaatan sumber belajar dengan tepat, tetapi pada kenyataannya masih banyak terdapat siswa yang tidak memiliki manajemen diri yang baik dan kurang memanfaatkan sumber belajar yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh manajemen diri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 11 Kota Jambi, 2) pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 11 Kota Jambi, 3) pengaruh manajemen diri dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 11 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat ex-post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 11 Kota Jambi. Populasi berjumlah 142 dan sampelnya berjumlah 59 orang. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang berisikan 35 item untuk manajemen diri dan 25 item untuk pemanfaatan sumber belajar. Hasil analisis data yang diperoleh menjelaskan bahwa: 1) terdapat pengaruh manajemen diri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 11 Kota jambi dengan thitung 8,973> ttabel 1,67 pada signifikasi 0,000; 2) terdapat pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 11 Kota jambi dengan thitung 6,740> ttabel 1,67 pada signifikasi 0,000; 3) terdapat pengaruh manajemen diri dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 11 Kota jambi dengan Fhitung 43,408> Ftabel 3,16 pada signifikasi 0,000, serta hasil koefisien determinasi sebesar 0,608 atau 60,8 persen. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada siswa untuk lebih meningkatkan manajemen diri dan pemanfaatan sumber belajar agar dapat meningkatkan hasil belajarnya, untuk itu diharapkan kepada guru sebagai fasilitator hendaknya dapat menambah dan memanfaatakan sumber belajar secara bervariasi. Dengan begitu akan mendukung siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar. Dan penelitian ini diharapkan bisa menjadi berguna bagi peneliti selanjutnya.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Revie Daramitha Utami
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:11
Last Modified: 12 Dec 2017 04:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2541

Actions (login required)

View Item View Item