Analisis Pelaksanaan Penilaian Afektif dan Psikomotor Pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 8 Muaro Jambi

Fitri, Aylen Analisis Pelaksanaan Penilaian Afektif dan Psikomotor Pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 8 Muaro Jambi. Biodik. ISSN 2460-2612

[img] Text
ARTIKEL AYLEN FITRI.pdf

Download (830kB)

Abstract

Salah satu faktor utama yang menentukan mutu pendidikan adalah guru, Keberhasilan dalam proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah dapat diketahui melalui hasil belajar yang diperoleh peserta didik, peserta didik dikatakan berhasil dalam belajar apabila hasil yang dicapai memenuhi standar nilai yang ditetapkan oleh sekolah Namun dalam kenyataanya guru terkadang menyusun penilaian tidak sesuai kurikulum yang ada hanya membuat penilaian dari aspek kognitif saja dan cenderung menyusun soal dalam bentuk test objektif. Selain itu banyak orang beranggapan bahwa penilaian hanya terdiri dari pemberian angka atas prestasi belajar siswa. Namun tujuan penilaian dalam pembelajaran pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku yang diinginkan pada diri peserta didik dalam bentuk kompetensi tertentu. Oleh sebab itu, dalam penilaian hendaknya diperiksa sejauh mana perubahan tingkah laku peserta didik yang telah terjadi selama atau setelah pembelajaran berlangsung. Rancanganpenelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif ditinjau dari jenis datanya pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang terjadi dan dialami oleh subjek penelitian,dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah,penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Muaro Jambi pada bulan April-Mei 2015. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara guru dan angket siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa pelaksanaan penilaian afektif dan psikomotor pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 8 Muaro Jambi telah dilakukan penilaian dengan baik, termasuk kedalam kategori sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase dari pengolahan data lembar wawancara yaitu dengan hasil persentase 67% mengatakan bahwa pelaksanaan penilaian aspek afektif dan psikimotor pada pembelajaran sangat baik sementara 33% mengatakan bahwa pelaksanaan penilaian aspek afektif dan psikomotor pada sekolah tersebut dilakukan dengan baik. Sementara dari hasil angket siswa di peroleh hasil dengan persentase 30% mengatakan bahwa pelaksanaan penilaian telah dilaksanakan dengan sangat baik, 68% mengatakan bahwa pelaksanaan penilaian asepek afektif dan psikomotor dilakukan dengan baik, 2% mengatakan bahwa pelaksanaan penilaian belum dilakukan dengan baik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Aylen Fitri
Date Deposited: 12 Dec 2017 07:49
Last Modified: 12 Dec 2017 07:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2543

Actions (login required)

View Item View Item