Fristanto, Mohamad Farkhan (2021) Pengaruh Lingkungan Sekolah Asrama (Boarding School) dan Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas XI Ilmu-Ilmu Sosial SMA N Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Full Draft Skripsi Mohamad Farkhan F (A1A115030).pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Cover A1A115030.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan A1A115030.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text
Abstrak A1A115030.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (145kB) |
Abstract
ABSTRAK Fristanto, Mohamad Farkhan. 2021. Pengaruh Lingkungan Sekolah Asrama (Boarding School) dan Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas XI Ilmu-Ilmu Sosial SMA N Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti: Skripsi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing Skripsi: (I) Dr. Rosmiati., S.Pd., M.Pd., (II) Iwan Putra., S.E., Ms.Ak. Kata kunci: lingkungan sekolah asrama (Boarding School), implementasi pendidikan karakter, disiplin belajar. Pendidikan sangat penting untuk anak-anak generasi penerus bangsa dalam mengembangkan potensi terpendam dalam diri anak. Sesuai dengan UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mana pendidikan merupkan usaha yang terencana dan sadar untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya dalam hal religious, karakter, dan sikap sosial. Dalam proses tersebut terdapat beberapa tantangan salah satunya kurangnya disiplin belajar siswa. Untuk melatih dan meningkatkan hal tersebut, ada sekolah asrama (boarding school), salah satu nya SMA N Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Selain itu, di sekolah asramaterdapat kurikulum khusus untuk pendidikan karakter. Di sekolah asrama terdapat juga masalah yg berkaitan dgn karakter dan sikap disiplin belajar, dan yg menjadi focus dlm penelitian ini yaitu : siswa terlambat masuk ke kelas, siswa tidak mengerjakan tugas yg diberikan oleh pamong, dan siswa yang pura-pura sakit Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh lingkungan sekolah asrama (Boarding School) dan implementasi pendidikan karakter terhadap disiplin belajar siswa kelas XI Ilmu-Ilmu Sosial SMA N Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Penelitian ini dilakukan di SMA N Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti yang berada di kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, pada tanggal 28 Februari-15 Maret 2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, yang mana menggunakan data primer. Data hasil dari penelitian diperoleh dengan menyebarkan angket melalui google form dikarenakan kondisi covid-19 yang membuat peneliti tidak bisa ke lokasi penelitian secara langsung. Data yang telah didapat diproses dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah asrama (Boarding School) tidak mempengaruhi disiplin belajar siswa secara parsial dengan dibuktikan tHitung sebesar 1,323 < tTabel sebesar 1,699. Selain itu, implementasi pendidikan karakter mempunyai pengaruh terhadap disiplin belajar secara parsial dengan dibuktikan tHitung sebesar 3,570 > tTabel sebesar 1,699. Sedangkan secara simultan lingkungan sekolah asrama (Boarding School) dan implementasi pendidikan karakter terhadap disiplin belajar siswa terdapat pengaruh dengan dibuktikan nilai FHitung sebesar 18,622 > FTabel sebesar 3,13. Dengan taraf persentase dari R-square-nya sebesar 0,354 atau sebesar 35,4%. Dari hasil penelitian, lingkungan sekolah asrama tidak mempengaruhi disiplin belajar jika, sekolahnya sendiri tidak secara tegas menerapkan peraturan. Dan dengan mengimplementasikan pendidikan karakter dapat meningkatkan disiplin belajar pada siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lingkungan sekolah asrama (Boarding School), implementasi pendidikan karakter, disiplin belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | FRISTANTO |
Date Deposited: | 18 Aug 2021 04:00 |
Last Modified: | 18 Aug 2021 04:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |