PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN OLAK KEMANG KOTA JAMBI

PADILA, PADILA PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN OLAK KEMANG KOTA JAMBI. PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN OLAK KEMANG KOTA JAMBI. (Submitted)

[img] Text
A1A110023 - Artikel Skripsi.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK Padilla. 2017. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Man Olak Kemang Kota Jambi. Program Studi Pendidkan Ekonomi Jurusab Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas jambi. Pembimbing : (I) Prof. Dr. H. Rahmat Murboyono, M.Pd (II) Dra. Hj. May Maemunah, M .E Penelitian ini memaparkan pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS pada mata pelajaran Pendidikan Ekonomi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitan ini diantaranya : mengetahui gambaran umum tentang Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Motivasi Belajar dan Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X IPS MAN Olak Kemang Kota Jambi tahun Ajaran 2015/2016 Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar di MAN Olak Kemang Kota Jambi, 2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap motivasi Siswa di MAN Olak Kemang Kota Jambi, 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa di MAN Olak Kemang Kota Jambi. Jenis Penelitiaan yang digunakan adalah metode penelitian asosiatif, yaitu ditujukan untuk menghubungkan antara dua variabel atau lebih dengan menggunakan data kualitatif. Populasi penelitian yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 siswa kelas X Jurusan IPS MAN Olak Kemang Kota Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitiaan ini yaitu dengan menggunakan teknik angket untuk variabel X1 (Kompetensi Pedagogik), X2 ( Lingkungan Belajar disekolah) dan untuk variabel Y (Motivasi Belajar). Dari hasil analisis data menjelaskan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar di MAN Olak Kemang Kota Jambi . Ini ditunjukan dengan nilai signifikasi bahwa 7,795 > 1,660; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara antara lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa di MAN OlakKemang Kota ambi . Ini ditunjukan dengan nilai signifikasi 3,713 < 1,660; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar di MAN Olak Kemang Kota Jambi. Ini ditunjukan dengan nilai signifikasi 0.032 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitiaan pada perhitungan uji kecendrungan diperoleh gambaran Kompetensi Pedagogik Guru termasuk pada katagori cukup baik, Lingkungan Belajar disekolah katagori cukup baik dan Motivasi Belajar Siswa termasuk pada katagori cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Lingkungan belajar disekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X IPS MAN Olak Kemang Kota Jambi adalah cukup dan signifikan. . Kata Kunci : Kompetensi, Lingkungan Belajar, Motivasi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: PADILLA
Date Deposited: 18 Dec 2017 06:31
Last Modified: 18 Dec 2017 06:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2550

Actions (login required)

View Item View Item