SISKA, MARIA HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. (Submitted)
![]() |
Text
artikel merry.pdf Download (148kB) |
Abstract
ABSTRAK HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI Penulis : Maria Siska NIM : RRA1E113013 Pembimbing I : Drs.Nelyahardi Gutji, M.Pd Pembimbing II : Drs. Suparjo Herlambang, M.Pd Kata Kunci: Pola Asuh, Kepercayaan Diri Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena lapangan yang memperlihatkan siswa masih mengalami masalah dengan rasa percaya diri. Selain itu, terlihat bahwa bentuk-bentuk kurangnya rasa percaya diri siswa yang ditunjukan adalah adanya siswa yang kurang aktif saat proses belajar mengajar berlangsung, seperti enggan untuk bertanya serta kurang mampu untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru yang mengajar. Selain itu, saat diadakan diskusi, siswa yang kurang percaya diri terlihat pasif dalam mengikuti proses diskusi, tidak tidak berani mengemukakan pendaat dan terlihat enggan untuk menanggapi pernyataan dari siswa yang lain.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah korelasional, dengan populasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 22 Kota Jambi yang berjumlah 123 orang. Dari jumlah populasi penelitian tersebut, kemudian dihitung jumlah sampel representatifnya, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 68 orang sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa angket dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS 21,0. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang memadai antara pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 22 Kota Jambi. sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis awal yang berbunyi: terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 22 Kota Jambi telah terbukti kebenarannya melalui analisis statistik. Hasil ini memberikan implikasi terhadap pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, dimana guru pembimbing memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu siswa dalam menumbuh-kembangkan rasa percaya diri di sekolah. Adapun pelaksanaan layanan yang biasa dilakukan di dalam instansi sekolah untuk mengatasi rasa kurang percaya diri tersebut, adalah layanan bimbingan kelompok.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | MARIA SISKA |
Date Deposited: | 18 Dec 2017 06:37 |
Last Modified: | 18 Dec 2017 06:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |