Rima, Agustiana MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK SAYANG BUNDA KELURAHAN PIJOAN. JURNAL MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK SAYANG BUNDA KELURAHAN PIJOAN.
![]() |
Text
ARTIKEL SKRIPSI RIMA.pdf Download (314kB) |
Abstract
MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK SAYANG BUNDA KELURAHAN PIJOAN Oleh Rima Agustiana Program Studi PG-PAUD Universitas Negeri Jambi ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi anak yang kurang memiliki kesadaran diri, anak yang belum bisa mentaati aturan dan kurangnya rasa tanggungjawab terhadap pekerjaannya serta anak yang belum memiliki perilaku prososial. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melaui Metode Proyek Pada Anak Kelompok B Di TK Sayang Bunda Kelurahan Pijoan. Perkembangan sosial adalah proses perubahan tingkah laku dan penyesuaian diri anak terhadap lingkungan yang ia tinggali dan anak dapat bersosialisasi dengan baik terhadap teman sebaya maupun orang dewasa lainnya. metode proyek adalah metode pembelajaran yang menghadapkan anak pada persoalan sehari-hari yang ada dan harus dipecahkan baik secara individu maupun kelompok. Penelitian ini dilaksanakan pada anak kelas B di TK Sayang Bunda Kelurahan Pijoan yang berjumlah 15 anak. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas, karena penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah pada penelitian tindakan yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobservasi dan melakukan refleksi terhadap hasil akhir kegiatan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus masing-masing tiga kali pertemuan. Data penelitian ini tentang Perkembangan Sosial yang dikumpulkan dengan metode observasi. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan sosial anak kelompok B dengan menggunakan metode proyek. Pada Pratindakan sebesar 25,60% termasuk dalam kriteria anak belum berkembang dan mengalami peningkatan, Perkembangan sosial anak setelah diberi tindakan pada siklus 1 pertemuan ke-1 meningkat menjadi (30,64%), siklus I pertemuan ke-2 meningkat menjadi (34,44%) dan siklus I pertemuan ke-3 meningkat menjadi (40,76%) dalam kriteria mulai berkembang . Pada siklus II Pertemuan ke-1 meningkat menjadi (48,52%) namun masih dalam criteria Mulai Berkembang, Siklus ke II pertemuan ke-2 miningkat menjadi (56,66%) dan Siklus ke II pertemuan ke-3 miningkat lagi menjadi (62.5%) dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan. Pada siklus III pertemuan ke-1 meningkat lagi menjadi (72,66%), Pada siklus III pertemuan ke-2 meningkat lagi menjadi (79,24%) dan pada siklus III pertemuan ke-3 meningkat menjadi (91,22%) dengan kriteria Berkembang Sangat Baik. Jadi meningkatkan menggunakan metode proyek dapat meningkatkan perkembangan sosial anak dalam perilaku kesadaran diri, memiliki rasa tanggungjawab untuk diri sendiri dan oranglain serta dapat memiliki perilaku prosial. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada perkembangan sosial anak setelah menggunakan metode proyek. Kata Kunci : Perkembangan Sosial, Metode Proyek
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RIMA AGUSTIANA |
Date Deposited: | 18 Dec 2017 04:19 |
Last Modified: | 18 Dec 2017 04:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2556 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |