PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MODEL PEMBELAJARAN DARING DAN DUKUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI PEMASARAN DI SMK N 5 KOTA JAMBI

Fathona, Burlian (2021) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MODEL PEMBELAJARAN DARING DAN DUKUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI PEMASARAN DI SMK N 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
skripsi full.pdf

Download (930kB)
[img] Text
skripsi full fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (287kB)

Abstract

Permasalahan didalam proses belajar SMK N 5 Kota Jambi antara lain 1) kurang lengkapnya sarana dan prasarana sekolah seperti ruang praktek, ruang labor. 2) menurunnya hasil belajar, 3) kurangnya motivasi dan minat belajar siswa, 4) kurangnya kemampuan ekonomi orangtua siswa. Penulis lebih tertarik untuk mengkaji tentang persoalan menurunnya hasil belajar. Salah satu faktor penyebabnya adalah Lingkungan teman sebaya dan sumber belajar . Tujuan utama penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan antara lingkungan teman sebaya dan pemanfaatan sumber belajar hasil belajar siswa SMK N 5 Kota Jambi pada mata pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini dilakukan di SMK N 5 Kota Jambi dibulan 22 Oktober 2015- 05 November 2015. Data diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa. Siswa diberikan waktu 1 jam untuk mengisi angket tersebut lalu dikembalikan. Data kemudian dianalisis menggunakan SPSS 17. Selain angket data juga diambil berdasarkan nilai mata pelajaran Kewirausahaan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional dengan populasi siswa sebanyak 38 siswa. Total populasi tersebutlah yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Instrument dalam pengambilan data penelitian ini berupa angket yang terdiri dari 2 macam. Yang pertama angket lingkungan teman sebaya yang terdiri dari 15 item soal dan yang kedua angket pemanfaatan sumber belajar yang terdiri atas 13 item soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif lingkungan teman sebaya dengan hasil belajar kewirausahaan siswa dengan signifikan 0,475> 0,05 dengan interprestasi cukup hal ini berarti bahwa Ho diterima dan H1 ditolak . Sementara untuk pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar memiliki koefesien signifikasi usaha belajar (r) sebesar 0,266 > 0,05. Berarti bahwa Ho diterima dan H1 ditolak atau terdapat hubungan yang positif antara pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar pada taraf signifikasi lemah. Dan yang terakhir terdapat hubungan antara lingkungan teman sebaya dan pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar. Koefisien signifikasi dimana hasil belajar dikendalikan (dibuat tetap) adalah 0,487 > 0,05. Berarti bahwa Ho diterima dan H1 ditolak atau terdapat hubungan yang positif dengan taraf signifikasi cukup kuat. Berdasarkan hasil penelitian diatas, disarankan Kepada siswa untuk lebih dapat melengkapi sumber belajar agar hasil belajar bisa dioptimalkan. Kepada pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah dan khususnya guru diharapkan lebih memperhatikan serta meningkakan kelengkapan sumber belajar sehingga siswa lebih mandiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: FATHONA
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:02
Last Modified: 26 Aug 2021 04:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25576

Actions (login required)

View Item View Item