IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA DINI DALAM PERMAINAN TEBAK EKSPRESI DENGAN GAMBAR DI TK RIZANI PUTRA KELOMPOK B MENDALO INDAH

KARUNA, KARUNA IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA DINI DALAM PERMAINAN TEBAK EKSPRESI DENGAN GAMBAR DI TK RIZANI PUTRA KELOMPOK B MENDALO INDAH. jurnal IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA DINI DALAM PERMAINAN TEBAK EKSPRESI DENGAN GAMBAR DI TK RIZANI PUTRA KELOMPOK B MENDALO INDAH.

[img] Text
ARTIKEL KARUNA A1F113026.pdf

Download (465kB)

Abstract

ABSTRAK Karuna. 2017. Identifikasi Perkembangan Emosi Anak Usia Dini Dalam Permainan Tebak Ekpresi Dengan Gambar Di TK Rizani Putra Kelompok B Mendalo Indah: Skripsi, Prodi Studi Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Jambi, Pembimbingan : (1) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si (2) Nyimas Mu’azzomi, S.Ag.,M.Pd.I. Kata Kunci : Identifikasi, Perkembangan Emosi, Permainan Tebak Ekspresi. Permainan tebak ekspresi dengan gambar, guru menuntut memiliki kemampuan untuk melakukan penyelidikan (perkembangan). Kemampuan melakukan penyelidikan ini ditunjukkan melalui kemampuan guru dalam memunculkan aspek perkembanganm emosi pada anak selama permainan tebak ekspresi berlangsung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek perkembangan emosi anak usia dini dalam permainan tebak ekspresi dengan gambar di TK Rizani Putra Kelompok B Mendalo Indah. Jenis penelitian adalah deskriptif analitik. Populasi dan sampel adalah anak TK Kelompok B. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik angket dan teknik wawancara. Analisis data yang digunakan adalah membandingkan jumlah skor yang diperoleh responden dengan skor total dikali dengan 100%, sehingga hasil dinyatakan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian berdasarkan isian observasi dari 3 aspek perkembangan emosi yaitu : (1) kesadaran diri sebesar 66,66% berada pada kategori berkembang sesuai harapan, (2) rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain sebesar 83,33% berada pada kategori berkembang sangat baik, dan (3) perilaku prososial sebesar 62,2% berada pada kategori berkembang sesuai harapan. Sedangkan Hasil penelitian berdasarkan isian angket ditinjau dari 3 aspek perkembangan emosi yaitu : (1) kesadaran diri sebesar 66,66% berada pada kategori berkembang sesuai harapan, (2) rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain sebesar 58,33% berada pada kategori berkembang sesuai harapan, dan (3) perilaku prososial sebesar 58,25% berada pada kategori berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru perkembangan emosi anak usia dini sudah memiliki perkembangan sesuai dengan harapan. Simpulan dari penelitian ini adalah tingkat perkembangan emosi anak usia dini pada permainan tebak ekspresi dengan gambar yang dilakukan oleh guru Kelompok B berada pada kriteria berkembang sesuai harapan dengan perolehan hasil persentase angket dan obsevasi tingkat perkembangan emosi anak usia dini di TK Rizani Putra pada rentang 50-69%. Berdasarkan kesimpulan ini maka disarankan guru diharapkan dapat meningkatakan perkembangan emosi anak dan penelitian selanjutnya dengan rancangan penelitian yang berbeda dengan sampel yang lebih besar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KARUNA
Date Deposited: 18 Dec 2017 07:49
Last Modified: 18 Dec 2017 07:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2562

Actions (login required)

View Item View Item