isdayang, rama PENGEMBANGAN e-LKS BERBASIS METAKOGNISI MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PADA MATERI PERAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. jurnal pendidikan kimia.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (575kB) |
Abstract
Metakognisi merupakan salah satu tuntutan yang ada pada kurikulum 2013 yang meliputi empat jenis ketrampilan yang terdiri dari: ketrampilan pemecahan masalah (problem solving), pengambilan keputusan (decision making), berpikir kristis (critical thingking), dan berpikir kreatif (creative thingking). Untuk melatih keterampilan metakognisi tersebut penggunaan bahan ajar seperti buku elektronik yang berbasis metakognisi tentunya dapat melatih dan menuntun siswa untuk berpikir serta menguasai ketrampilan metakognisi tersebut. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-LKS berbasis metakognisi menggunakan 3D PageFlip pada materi Peran Kimia dalam Kehidupan di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap, analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media dan materi selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil yakni sepuluh orang siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah e-LKS berbasis metakognisi yang operasikan menggunakan software 3D PageFlip. Produk tersebut divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Validasi masing-masing dilakukan sebanyak dua kali untuk validasi media dan materi. Hasil validasi ahli media diperoleh skor dengan rata-rata 4,8 (sangat baik) dan ahli materi diperoleh skor dengan rata-rata 4,6 (sangat baik). Selanjutnya, untuk tanggapan guru diperoleh skor dengan rata-rata 4,6 (sangat baik) sehingga e-LKS yang dikembangkan layak untuk diujicobakan. Hasil respon siswa kelas X MIPA SMAN 1 Muaro Jambi diperoleh persentase 89,8% (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi media maupun materi dan hasil penelitian, secara keseluruhan disimpulkan bahwa e-LKS ini sangat baik digunakan sebagai bahan ajar ataupun media dalam pembelajaran kimia.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RAMA |
Date Deposited: | 19 Dec 2017 04:03 |
Last Modified: | 19 Dec 2017 04:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |