kurniasi, risna PENGEMBANGAN e-LKS BERBASIS METAKOGNISI MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. jurnal pendidikan kimia.
Text
ARTIKEL.pdf Download (580kB) |
Abstract
Metakognisi merupakan berpikir tingkat tinggi yang melibatkan kontrol aktif dalam proses kognitif belajar dalam memecahkan suatu masalah. Metakognisi memiliki empat jenis ketrampilan yang terdiri dari ketrampilan pemecahan masalah, pengambilan keputusan, berpikir kritis, dan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan serta mengetahui respon siswa terhadap e-LKS berbasis metakognisi menggunakan 3D PageFlip pada materi ikatan kimia di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan kerangka pengembangan ADDIE meliputi 5 tahapan yang terdiri: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media, ahli materi serta penilaian guru selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif, yang berupa persentase dan rerata skor. Hasil dari penelitian ini diperoleh rerata skor hasil validasi ahli media 4,7 (sangat baik), ahli materi 4,5 (sangat baik), dan tanggapan guru 4,5 (sangat baik), serta hasil respon siswa diperoleh persentase 90% (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan dapat disimpulkan bahwa e-LKS berbasis metakognisi ini sangat baik digunakan dalam pembelajaran materi ikatan kimia.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RISNA KURNIASI |
Date Deposited: | 19 Dec 2017 04:03 |
Last Modified: | 19 Dec 2017 04:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2570 |
Actions (login required)
View Item |