ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

Romundza, Febri ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. Jurnal pendidikan kimia.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH febry romundza.pdf

Download (381kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model Problem based learning pada materi Hidrokarbon dan pengaruhnya terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA N 8 Kota Jambi. Jenis penelitian ini Mix Method. Desain penelitian ini adalah pre- experimental design dengan jenis one-Shot Case Study. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian yaitu Cluster sampling. Instrument penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model Problem based learning dan angket kemandirian belajar siswa. Cara pengujian hipotesisnya dengan mencari korelasi antara keterlaksanaan model Problem based learning dengan kemandirian belajar siswa menggunakan rumus korelasi produk momen yang selanjutnya dilihat signifikansi pengaruhnya. Uji lanjutan dengan uji-t dengan lebih dahulu melakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil yang diperoleh, keterlaksanaan model Problem based learning guru dan siswa dalam kategori sangat baik dengan rata-rata persentase setiap pertemuannya81,66,% dan 80,55%. Hubungan antara keterlaksanaan model model Problem based learning dan kemandirian belajar dikategorikan pada tingkat hubungan kuat berdasarkan hasil rata-rata analisis korelasinya yaitu 0,730 dan setelah dilakukan uji-t, diperoleh nila thitung sebesar 5,850. Hasil tersebut dibandingkan dengan t tabel yaitu 5,850 > 2,042 atau thitung > ttabel sehingga hipotesis penelitian (Ha) diterima.Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara keterlaksanaan model Problem based learning dengan kemandirian belajar siswa pada materi Hidrokarbon di kelas XI IPA 1 SMA N 8 Kota Jambi

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FEBBRY ROMUNDZA
Date Deposited: 19 Dec 2017 06:50
Last Modified: 19 Dec 2017 06:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2571

Actions (login required)

View Item View Item