Pelaksanaan pembelajaran online ppkn kelas VIII melalui aplikasi whatasapp pada masa pandemi covid-19 di smpn 6 batanghari

Widiastuti, Mz, Linda (2021) Pelaksanaan pembelajaran online ppkn kelas VIII melalui aplikasi whatasapp pada masa pandemi covid-19 di smpn 6 batanghari. S1 thesis, Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan.

[img] Text
SKRIPSI UTUH2 LINDAWIDYA (edit)-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (166kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (175kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (521kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (587kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (603kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (591kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (169kB)

Abstract

Widiastuti,Linda 2021 Pelaksanaan Pembelajaran Online PPK kelas VIII melalui aplikasinwhatsapp pada masa pandemi di SMPN 6 BATANGHARI Jurusan Pendidikan IlmuPengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. M. Salam, M.Si Pembimbing (2) Heri Usmanto S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Pembelajaran Online dan aplikasi whatsapp. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam jaringan masa pandemi Covid-19 di kelas VIII Di SMPN 6 BATANGHARI. Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 BATANGHARI pada bulan Mei-Juli 2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi yang mendeskripsikan mengenai pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam jaringan masa pandemi Covid-19. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama Guru mata pelajaran PPKn kelas yang menjadi sumber utama dari penelitian ini. Hasil penelitian menujukkan bahwa guru telah memanfaatkan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran dalam jaringan (Daring) dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia seperti fitur foto, video, dokumen dan video call. Kemudian dalam pelaksanaan pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran terdapat bebarapa hambatan yaitu gangguan Sinyal, memori HP penuh, Kurangnya Interaksi, sulit mengetahui keseriusan belajar peserta didik, kurangnya motivasi belajar peserta didik, fasilitas pendukung pembelajaran online, dan sulit memahami materi yang diberikan, serta pada penelitian ini mendekripsikan solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi dari pemanfaatan whatsApp sebagai media pembelajaran dalam jaringan masa pandemi Covid-19. Dari hasil penelitian ini disarankan agar pendidik mampu membuat variasi pembelajaran terutama dengan menggunakan fitur yag ada pada whatsApp, menguasai dan menggunakan TIK dalam proses pembelajaran dalam jaringan

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MZ
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:49
Last Modified: 07 Sep 2021 02:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25776

Actions (login required)

View Item View Item