eka pramana damanik, jujur (2021) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN KENTANG DI KECAMATAN GUNUNG TUJUH KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI. S1 thesis, AGRIBISNIS.
![]() |
Text
A SKRIPSI - JUJUR EKA PRAMANA DAMANIK - PASCA SIDANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
B SKRIPSI - JUJUR EKA PRAMANA DAMANIK - PASCA SIDANG.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
C SKRIPSI - JUJUR EKA PRAMANA DAMANIK - PASCA SIDANG.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
D SKRIPSI - JUJUR EKA PRAMANA DAMANIK - PASCA SIDANG.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
E SKRIPSI - JUJUR EKA PRAMANA DAMANIK - PASCA SIDANG.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
F SKRIPSI - JUJUR EKA PRAMANA DAMANIK - PASCA SIDANG.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
G SKRIPSI - JUJUR EKA PRAMANA DAMANIK - PASCA SIDANG.pdf Download (14kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui saluran pemasaran kentang di Kecamatan Gunung Tujuh, (2) Menganalisis nilai margin pemasaran, farmer’s share dan rasio keuntungan terhadap biaya pada masing�masing saluran pemasaran kentang di Kecamatan Gunung Tujuh, dan (3) Menganalisis efisiensi saluran pemasaran kentang berdasarkan nilai margin pemasaran, farmer’s share dan rasio keuntungan terhadap biaya di Kecamatan Gunung Tujuh. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi dari bulan Juni sampai bulan Juli 2019. Berdasarkan hasil penelitian, dengan tujuan pertama menunjukkan bahwa pemasaran kentang di Kecamatan Gunung Tujuh terdapat lima saluran, yaitu: (I) petani - pedagang pengumpul desa - pedagang besar dalam daerah Kota Sungaipenuh - pedagang pengecer - konsumen akhir, (II) petani - pedagang pengumpul desa - pedagang pengecer - konsumen akhir, (III) petani - pedagang pengumpul desa - pedagang besar luar daerah, (IV) petani - pedagang pengumpul desa - konsumen akhir, dan (V) petani - pedagang pengumpul desa - pedagang besar dalam daerah Kota Jambi - pedagang pengecer – konsumen akhir. Analisis tujuan kedua dan ketiga menunjukkan bahwa margin pemasaran tersebar kesetiap lembaga pemasaran, dan rasio keuntungan terhadap biaya lembaga pemasaran menunjukkan nilai lebih dari satu sehingga keuntungan yang diperoleh lebih tinggi dari biaya yang dikeluarkan, sedangkan nilai farmer’s share menunjukkan bahwa petani memperoleh bagian harga lebih tinggi dari lembaga pemasaran. Hasil indikator analisis efisiensi pemasaran menunjukkan bahwa Saluran IV dinilai relatif lebih efisien dibandingkan dengan saluran lainnya dengan nilai indikator margin pemasaran Rp2.065/kg, nilai farmer’s share 75,27 persen, dan nilai rasio keuntungan terhadap biaya 6,79. Kata Kunci: Kentang, Pemasaran, Efisiensi
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | DAMANIK |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 02:38 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 02:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |