Simanjuntak, Murni Maria (2021) PENGEMBANGAN CHEMISTRY e-MAGAZINE BERBASIS ARGUMENTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X MIPA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
BAB V UP.pdf Download (671kB) |
![]() |
Text
COVER UP.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
DAPUS UP.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I UP.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK UP.pdf Download (599kB) |
Abstract
Chemistry e-Magazine berbasis argumentasi merupakan suatu majalah elektronik kimia yang menjadi salah satu sumber belajar peserta didik yang berisi materi yang disertai dengan vidio pembelajaran serta berisi soal-soal yang dapat meningkatkan kemampuan argumentasi dan sikap ilmiah peserta didik. Chemistry e-Magazine berfungsi sebagai majalah ilmiah yang dapat dijadikan sebagai pegangan guru atau peserta didik dalam melaksanakan aktivitas belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Chemistry e-Magazine pada materi ikatan kimia yang berbasis argumentasi, untuk mengetahui kelayakan Chemistry e-Magazine berbasis argumentasi, mengetahui kemampuan argumentasi dan mengetahui sikap ilmiah peserta didik kelas X MIPA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (reseach and development) dengan menggunakan kerangka 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) Pendefenisian (define), (2) perancanagan (design), (3) Pengembangan (development), (4) Penyebaran (disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, dan angket. Uji coba produk di SMAN 3 Kota Jambi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa produk dinyatakan layak dan sesuai oleh ahli materi dengan total 74 dan ahli media dengan total 52 dengan kategori sangat baik. Selanjutnya dari hasil penilaian oleh guru dengan total 48 kategori sangat baik dan respon peserta didik terhadap Chemistry e-Magazine diperoleh hasil 95,33% dengan kategori sangat layak. Hasil dari uji coba produk dalam kemampuan argumentasi pada skala 3 6,7%; skala 4 28,3%; skala 5 65% dan sikap ilmiah peserta didik sangat baik dengan total 94,88%. Pada tahap penyebaran Chemistry e-Magazine skala kecil mendapatkan hasil dalam kemampuan argumentasi kedua kelas sudah mencapai pada skala 5 secara berturut-turut yaitu 40% dan 55%. Sedangkan sikap ilmiah peserta didik dari kedua kelas mendapatkan hasil 92,88% dan 93,33% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat kesepakatan yang signifikan diantara kedua belahan peserta didik bahwa Chemistry e-Magazine berbasis argumentasi untuk meningkatkann kemampuan argumentasi dan sikap ilmiah peserta didik pada materi ikatan kimia layak digunakan sebagai bahan ajar atau media pembelajaran dan direspon positif oleh peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Simanjuntak |
Date Deposited: | 17 Sep 2021 02:50 |
Last Modified: | 17 Sep 2021 02:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |