Lutvia Yulvah, Vivin and Purnomo, Budi and Siregar, Isrina (2021) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER SOEHARTO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 1 SMAN 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Sejarah.
![]() |
Text
Skripsi full text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan, halaman pengesahan.pdf Download (658kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (438kB) |
Abstract
ABSTRAK Yulvah, Vivin Lutvia. 2021. Implementasi Nilai-nilai Karakter Soeharto dalam Pembelajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 11 Muaro Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Budi Purnomo, S.Hum., M.Hum. Pembimbing (2) Isrina Siregar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Nilai-nilai Karakter Soeharto, Pembelajaran Sejarah Pembelajaran sejarah merupakan ilmu yang mempelajari mengenai asal-usul serta perkembangan masyarakat yang terjadi pada masa lampau. Pembelajaran sejarah identik dengan tokoh-tokoh nasional yang dapat membentuk karakter pada siswa untuk dapat memahami serta menjiwai nilai kebangsaan serta menanamkan masa depan yang penuh dengan tantangan dan kejutan. Namun banyak sekolah yang belum mengimplementasikan nilai-nilai karakter tokoh nasional pada pembelajaran. Terdapat banyak tokoh nasional di Indonesia salah satunya Soeharto. Berdasarkan permasalahan yang terjadi pada siswa SMAN 11 Muaro Jambi yang masih banyak terdapat karakter yang kurang baik hal ini tentunya akan sangat baik bagi kehidupan pendidikan jika nilai karakter positif beliau diimplementasikan dalam pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai karakter Soeharto dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 11 Muaro Jambi, mulai dari perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran serta hambatan dan solusi dalam mengatasi hambatan yang ditemukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan berupa naturalistik inquiry. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai karakter Soeharto dalam pembelajaran siswa kelas XI IPS 1 SMAN 11 Muaro Jambi adalah (1) Dari hasil observasi terdapat 4 nilai karakter Soeharto yang diimplementasikan diantaranya kepemimpinan, gotong royong, tanggung jawab dan nasionalis. (2) Hasil wawancara guru sejarah terdapat 4 nilai karakter yang diiplementasikan diantaranya kepemimpinan yaitu agar siswa memiliki jiwa pemimpin baik untuk diri sendiri maupun orang lain, gotong royong yaitu agar siswa terbiasa untuk bekerja sama, tanggung jawab yaitu agar siswa memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas yang dimilikinya, nasionalis agar siswa dapat menghargai bagaimana perjuangan tokoh-tokoh bangsa (3) Dari hasil kuisioner (angket), menunjukkan tingkat implementasi nilai-nilai karakter soeharto dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 11 Muaro Jambi 75% (baik). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat nilai-nilai karakter Soeharto yang dapat diterapkan dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 11 Muaro jambi yang diantaranya nilai kepemimpinan, gotong royong, tanggung jawab dan nasionalis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | YULVAH |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 06:36 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25907 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |