RUSMIATI, RUSMIATI (2021) HUBUNGAN PERMAINAN PETAK UMPET KATA DENGAN PERKEMBANGAN KEAKSARAAN ANAK KELOMPOK B DI TK AL-HIKMAH KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (881kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
Abstract
ABSTRAK Rusmiati. 2021. “Hubungan Permainan Petak Umpet Kata dengan Perkembangan Keaksaraan Anak Kelompok B DI TK Al-Hikmah Kota Jambi”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si Pembimbing II Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd. I Kata Kunci: Permainan Petak Umpet Kata, Perkembangan Keaksaraan Anak Berdasarkan penegamatan peneliti di TK Al-Hikmah Kota Jambi bahwa ada 17 atau 53,12 % anak belum berkembang (BB). Anak yang berada pada kategori mulai berkembang (MB) dengan jumlah 8 anak atau 25 %, kategori berkembang sesuai harapan (BSH) terdapat 5 anak atau 15,62% yaitu AA, AD, AG, AJ, SH, sebanyak 2 anak atau 6,25%, yaitu IN,IM berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB). Seperti halnya di tk al-hikma, walaupun terletak di kota yang seharusnya tidak asing dengan berbagai jenis permainan tradisional yang dapat diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan seluruh aspek perkembangan anak namun pada kenyataannya kegiatan yang dilakukan sangat tidak beragam. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan permainan petak umpet kata dengan perkembangan keaksaraan anak kelompok B DI TK Al-Hikmah Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasional, Hipotesis penelitian ini yaitu: Terdapat hubungan permainan petak umpet kata dengan perkembangan keaksaraan anak kelompok B DI TK Al-Hikmah Kota Jambi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak TK AL-Hikma. Sampel penelitian ini adalah anak kelompok B TK Al-Hikma berjumlah 30 anak. Varibel Bebas dalam penelitian ini adalah aktivitas permainan petak umpet kata (X) sedangkan variabel terikat adalah perkembangan keaksaraan anak usia 5-6 tahun (Y). Berdasarkan hasil dan pengolahan data untuk data permainan petak umpet kata dengan jumlah sampel 30 orang kemudian didapatkan jumlah nilai 1006 dengan rata-rata nilai 34, dan standar deviasi 5.31, nilai tertinggi yang didapatkan 40 dan terendah 19. Untuk data perkembangan keaksaraan anak dengan jumlah sampel 30 orang kemudian didapatkan jumlah nilai 1035, dengan rata-rata nilai 35 dan standar deviasi 5.35, nilai tertinggi yang didapatkan 40 dan terendah 23, dari kedua variabel memiliki distribusi data yang normal karena, untuk data permainan petak umpet kata L hitung (0,1378) < L tabel (0,161), dan data perkembangan keaksaraan anak (0,1711) < L tabel (0,161). dengan dk 28, untuk uji dua pihak t 0,95 = 2.4671 mudah dilihat bahwa t_(hitung=) 6.7166 > t_tabel 2.4671 maka terdapat hubungan permainan petak umpet kata dengan perkembangan keaksaraan anak kelompok B Di Tk Al-Hikmah Kota Jambi. Kesimpulan pada penelitian yaitu terdapat hubungan permainan petak umpet kata dengan perkembangan keaksaraan anak kelompok B Di Tk Al-Hikmah Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing I Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si Pembimbing II Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd. I |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | rusmiati |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 06:41 |
Last Modified: | 16 Sep 2021 06:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |