PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA IPS DI SMAS FERDY FERRY PUTRA KOTA JAMBI

Muhammad, Hary Mahardhika and Suratno, Suratno and Dwijayanti, Novia Sri (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA IPS DI SMAS FERDY FERRY PUTRA KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text (PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA IPS DI SMAS FERDY FERRY PUTRA KOTA JAMBI)
Hary Mahardhika Muhammad (RRA1A116024)-dikonversi.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad, Mahardhika Hary. 2021. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas IPS SMAS Ferdy Ferry Kota Jambi. Skripsi: Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Suratno, M.Pd, (II) Novia Sri Dwijayanti, S.Pd., M. Pd Kata Kunci: lingkungan keluarga, kebiasaan belajar, hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara: (1) Lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi, (2) Kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi, dan (3) Lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan di SMAS Ferdy Ferry Pada Mei 2021. Penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa IPS (sebagai data utama) sebanyak 65 orang. Setelah angket di kembalikan, kemudian data dianalisis secara kuantitatif yaitu menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolioneritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi simultan (R2). Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa dilihat pada nilai thitung > ttabel yaitu 5,140 > 1,66940, (2) Terdapat pengaruh positif kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa dilihat pada nilai thitung > ttabel yaitu 4,485 > 1,66940, dan (3) Terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 32,798 > 3,14 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,465 yang berarti kontribusi lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar sebesar 51,4% sedangkan sisanya 48,6% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas IPS SMAS Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kelancaran proses belajar mengajar seorang guru, hendaknya guru ikut aktif dalam memberikan informasi bagaimana menimbulkan minat, mencari serta membangkitkan motivasi belajar siswa agar dapat mencapai hasil belajar yang baik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: lingkungan keluarga, kebiasaan belajar, hasil belajar
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: MUHAMMAD
Date Deposited: 17 Sep 2021 06:58
Last Modified: 17 Sep 2021 06:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25958

Actions (login required)

View Item View Item