Tri Krismawanti, Dany (2021) IDENTIFIKASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM PADA PELAJARAN FISIKA KELAS XI MIPA SMAN SE-KECAMATAN KOTA BARU. S1 thesis, Pendidikan Fisika.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (95kB) |
Abstract
Krismawanti, Dany Tri. 2021. Identifikasi Minat Belajar Siswa dalam Menggunakan Google Classroom pada Pelajaran Fisika Kelas XI MIPA SMAN se-Kecamatan Kota Baru: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M. Hidayat, M. Pd., (II) Rahma Dani, S.Pd, M.Pd., Kata kunci: minat belajar, google classroom, fisika Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui minat belajar siswa dalam menggunakan google classroom pada mata pelajaran fisika kelas XI MIPA di SMAN se-Kecamatan Kota Baru tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Kota Jambi, SMAN 6 Kota Jambi, dan SMAN 8 Kota Jambi lebih tepatnya di Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, Jambi pada bulan April – Juni 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada pelajaran fisika dengan menggunakan google classroom di kelas XI MIPA SMAN se-Kecamatan Kota Baru tergolong cukup baik. Pada indikator perasaan senang memiliki kategori tidak baik dengan persentase 38%, indikator perhatian memiliki kategori baik dengan persentase 51%, indikator ketertarikan memiliki kategori cukup baik dengan persentase 49%, dan indikator ketelibatan memiliki kategori cukup baik dengan persentase 57%. Hal ini memperlihatkan bahwa minat belajar siswa pada pelajaran fisika dengan menggunakan google classroom di kelas XI MIPA SMAN se-Kecamatan Kota Baru tergolong cukup baik karena persentase tertinggi pada dua indikator memiliki kategori cukup baik, satu indikator memiliki kategori baik dan satu indikator memiliki kategori tidak baik. Dari hasil penelitian ini disarankan guru dapat mengevaluasi cara mengajar yang lebih baik dan memvariasikan dalam pengunaan fitur-fitur google classroom yang belum digunakan untuk menghilangkan kebosanan dan kejenuhan siswa dalam belajar dengan meggunakan google classroom.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | KRISMAWANTI |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 02:36 |
Last Modified: | 16 Sep 2021 02:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25987 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |