Ferawati, Ana (2021) Pengembangan Insteumen Four-tier Diagnostic Test Pada Materi Momentum dan Impuls Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Siswa Di SMAN 6 Kota Jambi. S1 thesis, Pendidikan Fisika.
Text
Skripsi Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
Cover.pdf Download (111kB) |
|
Text
Hal Pengesahan.pdf Download (2MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (96kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (185kB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (98kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (246kB) |
Abstract
ABSTRAK Ferawati, Ana. 2021. Pengembangan Instrumen Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Momentum Dan Implus di Kelas X SMA 6 Negeri Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (1) Nehru, S.Si., M.T, (2) Alrizal, S.Pd.,M.Si Kata Kunci: Pengembangan, Four-tier Diagnostic Test, Pemahaman Konsep,Momentum dan Impuls. Fisika adalah salah satu cabang ilmu sains yang berperan dalam kehidupan. Selain membahas mengenai fakta, konsep atau prinsip, dan prosedural, fisika juga melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Kemampuan sisiwa memahami konsep dan prinsip serta memiliki keterampilan sangat diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan yang dimiliki. Oleh sebab itu, siswa harus bisa memahami konsep dari setiap materi yang dipelajarinya, sehingga diperlukan alat evaluasi untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen Four-Tier Diagnostic Test untuk mengukur pemahaman konsep siswa pada materi momentum dan impuls. Instrumen yang telah dikembangkan ditinjau dari hasil validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas X IPA 3 di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Pengumpulan data diperoleh dengan menyebarkan insrumen Four-Tier Diagnostic Test dan lembar validasi ahli. Teknik analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji validitas oleh validator diperoleh nilai 91,6% dengan kategori sangat baik, uji validasi instrumen diperoleh semua item soal valid, uji reliabilitas diperoleh nilai 0.74576011 dengan kategori tinggi, uji tingkat kesukaran soal diperoleh 2 soal dengan kategori sukar dan 13 soal dengan kategori sedang, untuk daya beda soal diperoleh 2 soal dengan kategori cukup dan 13 soal dengan kategori baik. Produk yang dikembangkan berupa 15 soal. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengimplementasikan instrumen Four-Tier Diagnostic Test untuk dapat mengukur pemahaman konsep siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | ANAFERAWATI |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 02:33 |
Last Modified: | 16 Sep 2021 02:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25988 |
Actions (login required)
View Item |