PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA STRUKTUR BANGUNAN BILIK PADI DI KERINCI UNTUK KELAS XI SMA/MA MENGGUNAKAN PENDEKATAN ETNOSAINS

Fitri, Bs. Dita (2021) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA STRUKTUR BANGUNAN BILIK PADI DI KERINCI UNTUK KELAS XI SMA/MA MENGGUNAKAN PENDEKATAN ETNOSAINS. S1 thesis, Pendidikan Fisika.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (217kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (509kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (554kB)

Abstract

Fitri, Bs Dita. 2021. Pengembangan Buku Pengayaan Fisika Struktrur Bangunan Bilik Padi di Kerinci Untuk Kelas XI SMA/MA menggunakan pendekatan etnosains: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing; (I) Dr. Sri Purwaningsih, S.Si., M.Si., (II) Nehru S.Si., M.T. Kata kunci: Pengembangan buku pengayaan fisika, Bilik Padi, Pendekatan Etnosains Permasalahan penelitian ini adalah dibutuhkannya buku pengayaan dalam pembelajaran seperti buku pengayaan fisika struktur bangunan bilik padi di Kerinci untuk kelas XI SMA/MA, hal ini dikarenakan dengan adanya buku pengayaan ini, diharapkan sisiwa mampu memahami pembelajaran fisika dengan mudah dan dapat mengenal sejarah dari bilik padi di Kerinci agar tidak tergerus oleh zaman. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil produk akhir dari buku pengayaan fisika struktrur bangunan bilik padi, respon guru dan siswa terhadap pengembangan buku pengayaan fisika struktur bangunan bilik padi di Kerinci untuk Kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model, metode dan strategi-strategi kreatif yang dikembangkan oleh Johanesson P, dan Perjons E tahun 2004 yang terdiri atas analisis masalah, menentukan syarat, mendesain dan mengembangkan produk, mendemonstrasikan produk dan mengevaluasi produk. Pada penelitian ini hanya sampai kepada tahap mendemonstrasikan produk. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar angket validasi, angket respon guru dan angket respon siswa. Produk diuji cobakan secara kelompok kecil yaitu hanya kepada 15 siswa SMA Kelas XI IPA 1 di SMA N 5 Tanjung Jabung Timur. Jenis data pada penelitian ini berupa data kualitatif yaitu komentar validasi ahli dan materi, sementara data kuantitatif berupa hasil validasi ahli dan materi serta hasil respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk akhir dari buku pengayaan fisika struktur bangunan bilik padi di Kerinci untuk kelas XI SMA/MA berupa buku pengayaan fisika yang didalamnya menghubungkan konsep fisika dengan struktur bilik padi di Keirinci dimana tahap pertama dalam pembuatan produk adalah menganalisis masalah, menentukan syarat, mendesain dan mengembangakan produk. Tahap mendesain dan mengembangakan produk dimana produk yang telah jadi divalidasi terlebih dahulu dengan total skor rata-rata validasi pertama dan kedua adalah 92% dengan kategori sangat baik atau sangat valid. Hasil skor respon guru adalah 83% dengan kategori layak dengan nilai yang baik serta hasil respon siswa terhadap buku pengayaan sebesar 81% tergolong dalam kategori sangat baik. Keunggulan yang terdapat pada buku pengayaan fisika ini adalah buku pengayaan terintegrasi dengan,etnosains dan menguhubungkan pembelajaran fisika dengan bilik padi dan dapat memperkenalkan kearifan lokal bilik padi di Kerinci.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitri
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:31
Last Modified: 16 Sep 2021 02:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25994

Actions (login required)

View Item View Item