NASUTION, PAHRUDIN Motivasi belajar siswa ditinjau dari pola asuh orang tua di SMP Negeri 17 Kota Jambi. JURNAL MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI.
Text
ARTIKEL.pdf Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAK Motivasi belajar siswa ditinjau dari pola asuh orang tua di SMP Negeri 17 Kota Jambi Pembimbing I : Drs. Joni Afri. M,pd Pembimbing II : Drs, Rasimin. M,Pd Penulis : Pahrudin Nasution NIM : RRA1E113027 Penelitian ini dilatar belakangi oleh adaya fenomena lapangan yang memperlihatkan bahwa pada saat pembelajaran berlangsung, terlihat sebagian siswa menunjukan perilaku yang kurang tertarik terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Siswa cenderung lebih suka mengobrol, atau mengganggu temannya yang lain. Sedangkan saat diberikan tugas oleh guru, siswa-siswa tersebut malah sibuk sendiri dan melalaikan tugas yang diberikan, hingga saat waktu pembelajaran hampir habis, maka siswa tersebut akan menyalin tugas milik temannya (mencontek). Selain itu, juga terlihat adanya siswa yang berada di kantin sekolah pada saat pembelajaran sedang berlangsung di kelas, atau siswa izin dengan guru yang mengajar dengan alasan pergi ke toilet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas dari motivasi belajar siswa yang ditinjau dari pola asuh orang tua di SMP Negeri 17 Kota Jambi. Karena luasnya cakupan teori ahli yang digunakan dalam penelitian ini, serta adanya keterbatasan yang dimiliki oleh peneliti, maka masalah dalam penelitian ini dibatasi hanya pada aspek-aspek motivasi belajar: a) keinginan untuk berhasil, b) kebutuhan akan belajar, c) harapan di masa depan, d) penghargaan dalam belajar, e) kegiatan menarik dalam belajar. Pola asuh orang tua dalam penelitian ini terdiri dari pola asuh otoriter, pola asuh demokrasi, dan pola asuh permisif. Sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Kota Jambi tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan populasi adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Kota Jambi, yang berjumlah 140 orang, kemudian ditentukan sebanyak 60 orang diantaranya menjadi sampel penelitian dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket yang berisi 32 item pernyataan, dan data yang diperoleh diolah dengan menggunakan tekhnik persentase formula C untuk item berbeda. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa secara umum motivasi belajar siswa di SMP Negeri 17 Kota Jambi ditinjau dari seluruh pola asuh yang diterapkan orang tuaberada pada kualitas yang baik. Hasil ini memberikan implikasi terhadap sekolah khususnya guru pembimbing untuk dapat melaksanakan layanan bimbingan dan konseling secara efektif dalam pemahaman pola asuh orang tua, yang dapat memberikan pengaruh positif terhadap usaha meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | PAHRUDIN NASUTION |
Date Deposited: | 27 Dec 2017 09:50 |
Last Modified: | 27 Dec 2017 09:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2604 |
Actions (login required)
View Item |