HUBUNGAN ASPIRASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI

Pratama, M Hadi HUBUNGAN ASPIRASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. JURNAL HUBUNGAN ASPIRASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (86kB)

Abstract

HUBUNGAN ASPIRASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI Penulis : M Hadi Pratama NIM : RRA1E113003 Pembimbing I : Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd Pembimbing II : Dr. H, Hendra Sofyan, M.Si ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangioleh fenomena lapangan yang menunjukan bahwa siswa kelas VII memiliki tingkat aspirasi yang berbeda. Siswa berprestasi terlihat memiliki aspirasi yang lebih tinggi dibandingkan siswa lainnya, hal ini diperlihatkan dengan hasrat siswa yang tinggi untuk belajar yang merupakan bentuk dari ketetapan hatinya berusaha untuk meraih hasil belajar yang memuaskan demi meraih cita-citanya di masa depan. Sedangkan siswa yang memiliki tingkat aspirasi yang terglong rendah, terlihat kurang berminat dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan antara aspirasi siswa dengan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah korelasional, dengan populasi siswa kelas VII di SMP Negeri 22 Kota Jambiyang berjumlah 123 orang siswa.Dari jumlah populasi penelitian tersebut, kemudian dihitung jumlah sampel representatifnya, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak68 orang sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket yang berisi 31 item pernyataan dan legger nilai semester genap tahun ajaran 2016/2017. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis statistik Corellations non-parametrik ranking spearman dengan bantuan program SPSS 21,0. Berdasarkan analisis korelasi dengan metode non-parametrik formula ranking spearman, maka hasil yang diperoleh sebagai hasil dari penelitian ini adalah terdapat korelasi kecil.Sehingga dapat disimpulkan bahwa: terdapat hubungan yang hampir dapat diabaikan antaraaspirasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Sehubungan dengan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, memberikan implikasi terhadap guru pembimbing untuk dapat mengoptimalkan pelaksanaan layanan bimbingan karier kepada siswa, yang mana dengan optimalnya pelaksanaan layanan tersebut, dapat membantu meningkatkan aspirasi yang dimiliki siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Dengan meningkatkan aspirasi belajar siswa, maka secara tidak langsung guru pembimbing telah menumbuhkan satu motivasi tambahan dalam diri siswa untuk dapat lebih giat dalam belajar demi meraih hasil belajar yang memuaskan serta demi tercapainya aspirasi yang dimiliki oleh siswa tersebut Kata kunci: Aspirasi belajar, Hasil Belajar

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M.HADI.PRATAMA
Date Deposited: 27 Dec 2017 09:50
Last Modified: 27 Dec 2017 09:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2605

Actions (login required)

View Item View Item