PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK WEBTOON UNTUK MELATIH KEMAMPUAN ARGUMENTASI PADA MATERI MINYAK BUMI

Gunaidi, Heri (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK WEBTOON UNTUK MELATIH KEMAMPUAN ARGUMENTASI PADA MATERI MINYAK BUMI. S1 thesis, Pendidikan kimia.

[img] Text
SKRIPSI HERI GUNAIDI (A1C116062)-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Halaman persetujuan.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB 1 (2).pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)

Abstract

Komik Webtoon merupakan suatu gambar-gambar dan lambang-lambang yang teratur dalam urutan tertentu yang menjadi salah satu sumber belajar peserta didik yang berisi materi yang disertai dengan contoh soal argumentasi serta berisi soal-soal yang dapat melatih serta meningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik. Komik Webtoon berfungsi sebagai media pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai pegangan guru atau peserta didik dalam melaksanakan aktivitas belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Komik Webtoon pada materi minyak bumi dan untuk mengetahui kelayakan Komik Webtoon pada materi minyak bumi di SMAN 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian pengembangan dengan menggunakan model Lee dan Owens yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media serta diimplementasikan pada 2 guru kimia yang berbeda dan uji coba di 1 kelas yaitu kelas XI IPA 6. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar wawancara dan angket. Data yang terkumpul diolah secara deskriptif menjadi data interval menggunakan skala Likert dan dianalisis berdasarkan jumlah skor, serta melihat koefisien kesepakatan antar di validator, guru, maupun peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon 2 ahli materi dan 2 ahli media terhadap Komik Webtoon memberikan respon positif dan dinyatakan “Layak” untuk dilakukan uji coba, nilai Kappa yang diperoleh sebesar 0,636 dengan kategori “Baik” pada ahli materi dan Kappa sebesar 0,800 dengan kategori “Sangat Baik” pada ahli media. Komik Webtoon ini juga mendapat respon positif dari 2 guru mata pelajaran kimia dan direspon positif oleh peserta didik dengan persentase kelayakan 82,44% “Sangat Baik” serta diperoleh nilai Kappa sebesar 0,444 dengan kategori “Cukup Baik”. Uji reliabilitas Kappa ini dilakukan untuk membandingkan dan melihat konsistensi antar dua belahan (inter-rater agreement) dalam memberikan nilai (rating) terhadap faktor sukses komik Webtoon.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: GUNAIDI
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:38
Last Modified: 20 Sep 2021 07:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26146

Actions (login required)

View Item View Item