ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI)

FIRDAUS, AHMAD ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI). JURNAL ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI).

[img] Text
artikel.pdf

Download (216kB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Firdaus, 2017. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi). Skripsi. Program studi pendidikan ekonomi, jurusan ilmu pengetahuan social, fakultas ilmu keguruan dan pendidikan, universitas jambi. Pembimbing (1) Dr. H. Firman Khaidir, M.Si, pembimbing (II) Rosmiati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Analisi, Kesulitan Belajar Ips, Pada Siswa Kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar yang dihadapi siswa Sma Negeri 10 Kota Jambi dalam pembelajaran IPS. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja penyebab terjadinya kesulitan belajar dalam pembelajaran ips siswa kelas XI SMA Negeri 10 Kota jambi. Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar dalam pembelajaran IPS siswa SMA Negeri 10 Kota Jambi. Adapun perumusan masalah yang di angkat yaitu apa saja kesulitan belajar yang di hadapi siswa SMA Negeri 10 Kota Jambi dalam pembelajaran IPS. Faktor-faktor apa saja penyebab terjadinya kesulitan belajar dalam pembelajaran IPS siswa SMA Negeri 10 kota jambi. Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar dalam pembelajaran IPS siswa SMA Negeri 10 Kota Jambi. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam belajar IPS siswa SMA Negeri 10 Kota Jambi yaitu siswa masih jarang belajar IPS dirumah, cara mengajar guru didepan kelas terlalu cepat, guru masih belum terlalu sering menggunakan media pembelajaran; materi yang diberikan tidak sesuai dengan kemampuan siswa, waktu belajar IPS disekolah masih sangat singkat, dan teman belajar juga belum memahami materi yang disampaikan guru sehingga jarang belajar bersama teman. Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar IPS, memberikan kesempatan siswa bertanya mengenai materi yang belum dipahami, metode mengajar yang bervariasi, sering mengadakan latihan baik disekolah maupun dirumah, menggunakan media pembelajaran dan memotivasi siswa untuk belajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AHMAD FIRDAUS
Date Deposited: 02 Jan 2018 06:31
Last Modified: 02 Jan 2018 06:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2616

Actions (login required)

View Item View Item