tono taufik, tyas and Salam, Salam and Usmanto, Heri (2021) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI JURUSAN AKUTANSI DI SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan dan persetujuan.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
Abstract
ABSTRAK Taufiq Tias Tono, 2020 “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI Jurusan Akutansi Di SMK Negeri 1 Kota Jambi”Skripsi Program Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M. Salam, M.Si., (II) Heri Usmanto, M.Pd. Kata Kunci: Lingkungan sekolah, Motivasi Belajar. Lingkungan sekolah merupakan tempat berlangsungnya proses pendidikan, secara operasional yang dimaksud dengan lingkungan sekolah adalah lingkungan yang berkaitan dengan fisik dan non fisik. Dan yang dimaksud motivasi belajar adalah adanya dorongan yang kuat untuk melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar mata pelajaran PPKn kelas XI jurusan akutansi di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Jambi pada siswa kelas XI jurusan akutansi dengan sampel berjumlah 61 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket, diolah dengan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t dengan bantuan Microsoft Excel 2007 dan SPSS versi 22.0. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa lingkungan sekolah yang baik akan meningkatkan motivasi belajar. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dengan besaran pengaruh dalam uji hipotesis sebesar 2,000 (nilai signifikansi 5%) dalam koefisien determinasi terdapat pengaruh sebesar 44,0% yang termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan penelitian ini diharapkan pihak sekolah mampu menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif sehingga siswa akan merasa nyaman ketika di sekolah sehingga mampu meningkatkan motivasi belajarnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Lingkungan sekolah, Motivasi Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | TAUFIQ |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 02:50 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 02:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26162 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |