Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Muaro Jambi

Rocky, Rocky and M, Salam and Usmanto, Heri (2021) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (277kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (145kB)

Abstract

ABSTRAK ROCKY. 2021. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. M Salam, M.Si Pembimbing (II) Heri Usmanto, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa, rendahnya motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi.. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi pada Maret s/d Mei 2021. Jenis penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penilitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Muaro Jambi yang ditentukan melalui teknik Random sampling. Teknik dan pengumpulan data menggunkana angket. Teknik validasi instrumen dengan korelasi product moment. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisi univariat meliputi penyajian mean, median, modul, tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Muaro Jambi pada mata pelajaran PPKn. Hal ini didapatkan dari penghitung analisis data diperoleh nilai pada taraf signifikansi rxy = 0,964 jika dibandingkan dengan rtabel pada taraf signifikansi 1% = 0,361 dan pada taraf signifikansi 5% = 0,297. Dengan demikian rxy lebih besar dari rtabel atau rxy > rtabel , baik untuk taraf signifikansi 1% maupun 5%. Dari analisis tersebut di atas dapat dikatakan bahwa baik untuk taraf signifikan 5% ataupun 1% keduanya menunjukkan hasil yang signifikan Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Muaro Jambi pada mata pelajaran PPKn..

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: ROCKY
Date Deposited: 21 Sep 2021 02:49
Last Modified: 21 Sep 2021 02:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26182

Actions (login required)

View Item View Item