INDRIYANY, NORITA PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI MATRIKS DI KELAS X SMA. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI MATRIKS DI KELAS X SMA. (Submitted)
Text
A1C210023-ARTIKEL-ILMIAH (1).pdf Download (611kB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan pembelajaran matematika salah satunya adalah mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinil rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan serta mencoba-coba.Model pembelajaran treffinger merupakan pembelajaran kreatif dengan basis kematangan dan pengetahuan siap.Berdasarkan kenyataan tersebut maka dibutuhkan suatu bahan ajar yang dapat membantu siswa berfikir kreatif dan dapat membangun sendiri pengetahuan mereka berupa LKS berbasis model pembelajaran treffinger.Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Treffinger dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Matriks di kelas X SMA serta untuk mengetahui efektifitas LKS tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation and Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) lembar validasi untuk ahli materi, (2) lembar validasi untuk ahli desain, (3) lembar tanggapan guru (4) lembar tanggapan siswa, (5) lembar observasi aktivitas siswa, (6) lembar respon siswa, (7) lembar soal post-test, yang digunakan untuk melihat keefektifan pembelajaran menggunakan LKS Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 kota Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan LKS yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli desain memperoleh rerata skor validasi 3,58 pada kategori “baik”. Tahap uji coba produk yang melibatkan satu orang guru matematika memperoleh hasil penilaian 3,58 pada kategori “baik” dan uji coba kelompok kecil yang melibatkan sepuluh siswa non subjek penelitian dengan hasil penilaian 4,11 pada kategori “baik”. Selanjutnya tahap implementasi dilaksanakan di kelas X MIA 1 SMAN 4 Kota Jambi yang berjumlah 30 orang siswa. Dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran diperoleh persentase keaktifan siswa sebesar 83,1% dengan kategori “sangat aktif”. Hasil post-test materi matriks setelah menggunakan produk diperoleh rerata nilai sebesar 90,4 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 93,3%, dan jumlah hasil rata-rata respon siswa yang memberikan respon baik dan sangat baik yaitu sebesar 73,89%. Maka hasil penilaian respon tersebut termasuk dalam kategori positif, sehingga hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran yang menggunakan LKS berbasis model pembelajaran treffinger dengan menggunakan pendekatan saintifik berjalan secara efektif. Disarankan kepada guru mata pelajaran matematika untuk menggunakan LKS berbasis model pembelajaran treffinger dengan menggunakan pendekatan saintifik tersebut karena telah teruji keefektifannya serta dapat menjadi referensi untuk dapat mengembangkan LKS yang lebih variatif bagi penelitian pengembangan selanjutnya. Kata Kunci : Pengembangan Lembar Kerja Siswa,Treffinger, Saintifik, Matriks, Matematika
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | NORITA INDRIYANY |
Date Deposited: | 05 Jan 2018 04:45 |
Last Modified: | 05 Jan 2018 04:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2623 |
Actions (login required)
View Item |