Pengembangan e-LKS Berbasis Metakognisi Menggunakan 3D PageFlip pada Materi Reaksi Redoks di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi

Purnama, Dinasita Pengembangan e-LKS Berbasis Metakognisi Menggunakan 3D PageFlip pada Materi Reaksi Redoks di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. jurnal pendidikan kimia.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (622kB)

Abstract

Penerapan metakognisi dalam pembelajaran kimia sangat penting karena dapat melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi dengan cara merencanakan, memantau, serta mengevaluasi segala aktivitas berpikir yang telah dilakukan. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan e-LKS dan mengetahui respon siswa terhadap e-LKS berbasis metakognisi menggunakan 3D PageFlip pada materi reaksi redoks di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi kerangka pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket. Penilaian kelayakan produk dilakukan oleh 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media, dan 1 guru kimia. Bahan ajar e-LKS yang dikembangkan diuji coba kepada kelompok kecil. Hasil penelitian ini adalah sebuah bahan ajar e-LKS berbasis metakognisi yang dikembangkan menggunakan software 3D PageFlip. Penilaian ahli materi, ahli media, dan guru terhadap e-LKS berbasis metakognisi berturut-turut adalah skor 64 (sangat baik), skor 74 (sangat baik), dan skor 67 (sangat baik). Serta hasil respon siswa diperoleh persentase 89,7% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa e-LKS berbasis metakognisi pada reaksi redoks sangat baik digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dinasita Purnama
Date Deposited: 05 Jan 2018 04:45
Last Modified: 05 Jan 2018 04:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2625

Actions (login required)

View Item View Item