Pratiwi, Anggi PENGEMBANGAN e-BOOK BERBASIS METAKOGNISI MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. jurnal pendidikan kimia.
Text
ARTIKEL.pdf Download (585kB) |
Abstract
Metakognisi merupakan keterampilan berfikir tingkat tinggi yang meliputi empat jenis ketrampilan yang terdiri dari: ketrampilan pemecahan masalah (problem solving), pengambilan keputusan (decision making), berpikir kristis (critical thingking), dan berpikir kreatif (creative thingking). Metakognisi dianggap sebagai salah satu faktor yang berperan penting dalam membangun pengetahuan siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar e-Book berbasis metakognisi, serta mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar e-Book berbasis metakognisi menggunakan 3D PageFlip pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas X SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penggembangan ADDIE dengan 5 tahapan yang terdiri: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket ahli media, materi, dan penilaian guru. Bahan ajar e-Book ini kemudian diujicobakan pada kelompok kecil. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk bahan ajar e-Book yang dibuat menggunakan software 3D PageFlip yang divalidasi terlebih dahulu sebelum diujicobakan. Diperoleh rerata skor hasil validasi ahli media 4,4 (sangat baik), ahli materi 4,26 (sangat baik), dan tanggapan guru 4,6 (sangat baik) sehingga bahan ajar e-Book layak untuk diujicobakan. Dan hasil respon siswa juga menunjukkan persentase 90% (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi media maupun materi dan juga hasil penelitian pengembangan bahan aajar e-Book, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-Book berbasis metakognisi ini sangat baik digunakan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Anggi Pratiwi |
Date Deposited: | 05 Jan 2018 04:45 |
Last Modified: | 05 Jan 2018 04:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2626 |
Actions (login required)
View Item |