zulkiardi, ari EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMPN 22 KOTA JAMBI. pendidikan ekonomi. (In Press)
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (124kB) |
Abstract
ABSTRAK Ari Zulkiardi, 2017. Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMPN 22 Kota Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Jambi, Skripsi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Rahmat Murboyono, M.Pd., (II) Ahmad Nasori,S.Pd.,M.Pd . Kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil belajar. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui proses pembelajaran. salah satu masalah dalam pembelajaran disekolah adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini diketahui dari data awal nilai ulangan harian siswa yang masih ada dibawah KKM. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah model pembelajaran yang digunakan. Numbered Head Together (NHT) sebagai model pembelajaran pada dasarnya merupakan sebuah variasi diskusi kelompok. Model NHT digunakan untuk materi pelajaran yang membutuhkan pemahaman konsep yang mendalam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar yang dicapai antara siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMPN 22 Kota Jambi Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan bentuk desain nonequivalent control group design yang dilakukan di SMPN 22 Kota Jambi Kelas VIII semester 1 tahun ajaran 2017-2018 pada tanggal 1 agustus s/d 20 september 2017. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (84,13) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol (70,40) artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang dicapai antara siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Pembelajaran Konvensional terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMPN 22 Kota Jambi. Kesimpulannya, pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam mata pelajaran IPS terpadu siswa kelas VIII di SMPN 22 Kota Jambi mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang maksimal. Untuk penelitian lebih lanjut, disarankan kiranya untuk perlu diteliti pada pokok bahasan yang lain dan dalam variabel yang berbeda.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Ari Zuhardi |
Date Deposited: | 08 Jan 2018 00:43 |
Last Modified: | 08 Jan 2018 00:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |