PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI KIMIA MENGGUNAKAN SCRATCH PADA ANAK TAHAPAN OPERASIONAL FORMAL

NAWANG WULAN, R.A. EFLIN PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI KIMIA MENGGUNAKAN SCRATCH PADA ANAK TAHAPAN OPERASIONAL FORMAL. Jurnal Pendidikan Kimia.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (585kB)
[img] Text
ARTIKEL R.A. EFLIN NAWANG WULAN.pdf

Download (796kB)

Abstract

Game edukasi adalah salah satu bentuk game yang dapat berguna untuk menunjang proses belajar-mengajar secara lebih menyenangkan dan lebih kreatif, dan digunakan untuk memberikan pengajaran atau menambah pengetahuan penggunanya melalui suatu media yang menarik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu media pembelajaran dalam bentuk game pada materi kimia aliran energi disekitar kita untuk anak tahapan operasional formal (12-15 tahun) di Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan tahapan penggembangan ADDIE dengan 5 tahapan yang terdiri: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi ahli desain pembelajaran, ahli media, ahli materi, dan lembar observasi uji coba awal. Data kualitatif diperoleh dari hasil validasi dengan para ahli serta komentar target pengguna dan data kuantitatif diperoleh dari persepsi target pengguna yang diperoleh berdasarkan rerata skor jawaban. Kemudian media pembelajaran game edukasi kimia ini diujicobakan pada kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan untuk data kuantitatif menggunakan skala Likert dan untuk kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran game edukasi kimia yang dibuat menggunakan software Scratch (Aplikasi khusus untuk membuat game 2D/3D). Produk tersebut divalidasi dan dilakukan revisi berdasarkan saran-saran ahli serta dinyatakan layak diuji cobakan. Pada hasil akhir validasi diperoleh saran dan komentar yang berisikan bahwa media pembelajaran game edukasi kimia yang dikembangkan telah sesuai dengan perspektif positif pengembang sehingga layak untuk diujicobakan. Hasil respon siswa diperoleh persentase 91,4% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran game edukasi kimia ini sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran kimia untuk anak tahapan operasional formal.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: R.A. Eflin Nawang Wulan
Date Deposited: 09 Jan 2018 06:58
Last Modified: 09 Jan 2018 06:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2631

Actions (login required)

View Item View Item