Hartati, Dea Rina PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA KELAS XI SMA/MA. PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA KELAS XI SMA/MA.
Text
ARTIKEL.pdf Download (475kB) |
Abstract
Instrumen penilaian adalah alat ukur yang digunakan dalam pembelajaran untuk memperoleh, menganalisis dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik setelah mempelajari suatu kompetensi. Salah satunya menggunakan soal uraian untuk menilai kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berpikir kreatif pada materi larutan asam dan basa dan melakukan pengujian untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik. Instrumen penilaian yang dibuat, meliputi pengujian kelayakan berdasarkan validasi ahli serta tanggapan pendidik dan peserta didik terhadap instrumen penilaian yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi oleh Supardi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif menggunakan analisis Huberman dan Miles dan analis data kuantitatif menggunakan skala likert. Instrumen penilaian berpikir kreatif divalidasi oleh ahli isi dalam dua tahap, validasi konstruk dilakukan dalam tiga tahap dan Validasi bahasa dilakukan dalam satu tahap dengan penilaian “layak”, serta respon pendidik dengan penilaian “baik” digunakan sebagai alat ukur. Persentase skor respon peserta didik pada aspek fluency, flexibility, originality, dan elaboration diperoleh skor 80,46%; 77,13%; 75,86%; dan 76,97% termasuk kriteria “baik” dengan persentase terbesar pada aspek fluency dan persentase terendah pada aspek elaboration. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa instrumen penilaian berpikir kreatif dapat digunakan dalam proses pembelajaran kimia pada materi larutan asam dan basa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DEA RINA HARTATI |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 00:54 |
Last Modified: | 10 Jan 2018 00:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2635 |
Actions (login required)
View Item |