MODEL PEMETAAN DETERMINAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PROSES PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR DI KOTA JAMBI

sofwan, muhammad (2021) MODEL PEMETAAN DETERMINAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PROSES PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR DI KOTA JAMBI. S3 thesis, Doktor Kependidikan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan .pdf

Download (329kB)
[img] Text
Abstrak .pdf

Download (8kB)
[img] Text
Bab V .pdf

Download (17kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (300kB)

Abstract

ABSTRAK Sofwan, Muhammad (2021). Model Pemetaan Determinan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Proses Pembelajaran Sekolah Dasar di Kota Jambi. Promotor: Prof. Dr. rer.nat. Muhaimin, S.Pd, M.Si. Co Promotor Dr. Yusnaidar, S.Si,. M.Si Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode survei yang bertujuan untuk menganalisis dan memetakan bagaimana penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dikalangan guru-guru sekolah dasar di kota Jambi guna mendukung tugas lembaga pendidikan dan guru yang memiliki banyak tantangan di masa depan, khususnya di kota Jambi. Proses analisis dan pemetaan pada penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan dan model Use and Gratification Theory (UGT) dan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Penelitian ini menggunakan lima pertanyaan penelitian dan sepuluh hipotesis. Populasi pada penelitian ini adalah semua guru sekolah dasar yang terdapat di kota Jambi. Penelitian ini diawali dengan pengisian kuisioner pilot study secara ofline sebanyak 107 responden yang dilanjutkan dengan pengambilan sampel data utama dengan responden sebanyak 892 orang yang menyelesaikan pengisian kuisioner/angket dengan cara online. Pengujian analisis untuk pilot study dilakukan dengan menggunakan Face and content validity, Exploratory Factor Analysis (EFA), Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM), dan dilanjutkan dengan uji MANOVA guna melihat perbedaan pada sisi demografis pada data utama survey. Temuan menginformasikan bahwa model penelitian yang diusulkan tersebut valid. Pengujian Hipotesis dengan Partial Least Square Structural Equation Modeling menghasilkan satu hipotesis ditolak dan enam hipotesis diterima, untuk pengujian hipotesis dengan MANOVA menghasilkan informasi komprehensif tentang perbedaan latar belakang demografis (jenis kelamin, umur, dan pengalaman mengajar) terkait semua variabel, UGT, UTAUT, dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. Hasilnya, sebagian besar faktor tidak memiliki perbedaan signifikan, kecuali beberapa variabel yang berbeda berdasarkan umur dan pengalaman kerja. Hasil penelitian ini diharapkan dapat diimplementasikan sebagai pedoman bagi pemerintah dan organisasi publik untuk mengembangkan strategi pendidikan guna mendorong perkembangan pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Kata Kunci: Pemetaan Determinan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Use and Gratification Theory dan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology

Type: Thesis (S3)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Kependidikan
Depositing User: Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2021 06:42
Last Modified: 22 Sep 2021 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26398

Actions (login required)

View Item View Item