Syofiani, Syofiani (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA. S3 thesis, Doktor Kependidikan.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka .pdf Download (552kB) |
Abstract
ABSTRAK Syofiani. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek Berbantuan Multimedia pada Pembelajaran Apresiasi Drama:. Promotor: Prof. Amirul Mukminin, S.Pd. M.Sc.Ed., Ph.D., Co-promotor: Prof. Dr. Hj. Nazurty, M.Pd. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar Apresiasi Drama berbasis proyek berbantuan multimedia. Pertanyaan penelitian adalah (1) Bagaimanakah kondisi pembelajaran Apresiasi Drama di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Bung Hatta selama ini?, (2) Bagaimanakah rancangan bahan ajar Apresiasi Drama berbasis proyek berbantuan multimedia yang dapat diterapkan dalam perkuliahan di perguruan tinggi? (3) Bagaimanakah proses pengembangan bahan ajar Apresiasi Drama berbasis proyek berbantuan multimedia yang dapat diterapkan dalam perkuliahan di perguruan tinggi yang valid, praktis, dan efektif?, dan (4) Bagaimanakah hasil pengujian produk bahan ajar Apresiasi Drama yang valid, praktis, dan efektif yang dapat diterapkan dalam perkuliahan di perguruan tinggi? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbantuan multimedia. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan hasil preliminary research yang telah dilakukan, selanjutnya dilakukan pengembangan bahan ajar Apresiasi Drama berbasis proyek (Project based Learning/PjBL) dengan bantuan multimedia. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner. Selanjutnya, dilakukan analisis menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini menghasilkan produk: buku petunjuk penggunaan bahan ajar berbasis proyek berbantuan multiamedia, buku materi pembelajaran Apresiasi Drama berbantuan multimedia, dan bahan ajar Apresiasi Drama berbantuan multimedia. Ketiga produk dinyatakan sangat valid oleh ahli baik dari aspek konstruk, materi dan kebahasaan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran Apresiasi Drama di perguruan tinggi. Uji validitas buku materi pembelajaran Apresiasi Drama berbantuan multimedia, interpretasi sangat valid yaitu 4,4 (b) Uji validitas panduan bahan ajar berbantuan multimedia, interpretasi sangat valid pada rata-rata 4,3 dan (c) Buku panduan petunjuk penggunaan bahan ajar Apresiasi Drama berbasis proyek berbantuan multimedia divalidasi dengan interpretasi sangat valid dengan rata-rata 4,28. Kepraktisan produk dinilai oleh dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa. Hasil uji praktikalitas oleh dosen pengampu mata kuliah Apresiasi Drama yaitu 3, 4 dengan nilai capaian 85%. Dapat dikatakan bahwa bahan ajar berbasis proyek berbantuan multimedia sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Kepraktisan bahan ajar berbasis proyek berbantuan multimedia juga dinilai oleh 5 orang mahasiswa bahwa rata-rata 3,5 dengan nilai capaian 87,2% (sangat praktis). Dapat dikatakan bahwa bahan ajar Apresiasi Drama berbasis proyek berbantuan multimedia ini sangat praktis digunakan dalam pembelajaran Apresiasi Drama. Pada tahap implementasi kepraktisan bahan ajar Apresiasi Drama berbantuan multimedia ini sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari instrumen yang diisi oleh dosen pengampu mata kuliah dengan persentase 85 dengan kategori sangat praktis. Sedangkan penilaian pertunjukan drama dengan rata 89,58 kategori sangat praktis. Efektivitas bahan ajar Apresiasi Drama berbantuan multimedia dilakukan dengan melihat bagaimana proses pembelajaran Apresiasi Drama diikuti oleh mahasiswa dengan tuntas, menarik, dan bersemangat. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan mahasiswa menghasilkan sebuah produk pertunjukan drama dengan judul “Rancak di Labuah” dengan hasil yang memuaskan. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Apresiasi Drama berbasis proyek berbantuan multimedia ini sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Pembelajaran Apresiasi Drama, Pengembangan Bahan Ajar, Multimedia
Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S3 Kependidikan |
Depositing User: | Syofiani |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 06:43 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 06:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26415 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |