haryati, Tri PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA/MA. jurnal pendidikan kimia.
Text
ARTIKEL TRI HARYATI (A1C113019).pdf Download (437kB) |
Abstract
Instrumen atau alat penilai memegang peranan penting dalam menentukan mutu suatu penelitian dan penilaian. Penilaian pada ranah kognitif yang bertujuan untuk melihat kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara pengembangan intrumen penilaian berpikir kreatif peserta didik pada materi laju reaksi dan mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap pengembangan instrumen penilaian berpikir kreatif peserta didik pada materi laju reaksi yang dikembangkan. Pengembangan instrumen penilaian yang dibuat, hanya meliputi uji kelayakan berdasarkan validasi ahli serta respon dari pendidik dan peserta didik terhadap instrumen penilaian berpikir kreatif yang dikembangkan. Desain yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model yang dimodifikasi oleh Supardi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data secara kuantitatif menggunakan skala likert dan kualitatif menggunakan analisis Huberman dan Milles. Validasi masing-masing dilakukan sebanyak tiga kali untuk validasi materi, dua kali untuk validasi konstruk dan dua kali untuk validasi bahasa. Hasil dari respon peserta didik terhadap keterbacaan soal diperoleh persentase dari setiap aspek berpikir kreatif sebesar 61,8% (fluency), 67% (flexibility), 61,1% (originality) dan 60,3% (elaboration) dengan kriteria baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peserta didik dapat memahami soal yang diujicobakan. Dengan demikian instrumen penilaian berpikir kreatif pada materi laju reaksi dapat digunakan sebagai alat pengumpul data dalam penelitian.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Triharyati |
Date Deposited: | 11 Jan 2018 01:51 |
Last Modified: | 11 Jan 2018 01:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2650 |
Actions (login required)
View Item |