PENGEMBANGAN BAHAN AJAR e-BOOK BERBASIS METAKOGNISI MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PADA MATERI PERAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI

Hakim, Ikhsanul PENGEMBANGAN BAHAN AJAR e-BOOK BERBASIS METAKOGNISI MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PADA MATERI PERAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. jurnal pendidikan kimia.

[img] Text
ARTIKEL IKHSANUL HAKIM.pdf

Download (590kB)

Abstract

Metakognisi merupakan kesadaran berpikir seseorang mengenai apa yang diketahui dan apa yang tidak diketahui. Metakognisi memiliki empat jenis keterampilan yang terdiri dari keterampilan pemecahan masalah, pengambilan keputusan, berpikir kritis, dan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar e-book berbasis metakognisi dengan menggunakan 3D pageflip pada materi peranan kimia dalam kehidupan dan mengetahui respon siswa terhadap ¬e-book metakognisi yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan kerangka pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli dan diimplementasikan pada uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menganalisis data yang diperoleh melalui perhitungan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini adalah sebuah e-book metakognisi peran kimia dalam kehidupan. Produk tersebut memperoleh skor hasil validasi ahli media 90,6% (sangat baik), validasi ahli materi 86,7% (sangat baik), penilaian guru 92,0% (sangat baik) dan penilaian siswa 90,4% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa e-book berbasis metakognisi yang dikembangkan sangat baik digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran kimia pada materi peran kimia dalam kehidupan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: IKHSANUL HAKIM
Date Deposited: 11 Jan 2018 01:53
Last Modified: 11 Jan 2018 01:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2651

Actions (login required)

View Item View Item