PENGOPTIMALAN TINGKAT PELAYANAN DAN WAKTU NYALA LAMPU LALU LINTAS MENGGUNAKAN MODEL M/M/1 DAN METODE WEBSTER

Kurniawan, Fajar (2021) PENGOPTIMALAN TINGKAT PELAYANAN DAN WAKTU NYALA LAMPU LALU LINTAS MENGGUNAKAN MODEL M/M/1 DAN METODE WEBSTER. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (81kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (65kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

Kemacetan lalu lintas terutama di persimpangan jalan menjadi salah satu masalah masyarakat kota yang berdampak luas terhadap aspek kehidupan seperti kesehatan, produktivitas, ekonomi dan sebagainya. Untuk itu, dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu solusi alternatif dari masalah kemacetan yakni dengan mengoptimalkan kinerja lampu lalu lintas (traffic light). Banyak ditemui di persimpangan dengan lampu lalu lintas yang memiliki durasa waktu nyala yang sama pada tiap jam sibuknya, misalnya pada simpang empat Jelutung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat Lampu Llau Lintas Kondisi sekarang dengan menggunakan Model M/M/1 dan untuk mengetahui waktu nyala optimal lampu lalu lintas di simpang empat Jelutung dengan menggunakan Metode Webster. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh tingkat pelayanan lampu lalu lintas pada simpang empat Jelutung sebesar 89,42% yang artinya kinerja persimpangan cukup sibuk. Pada simpang empat Jelutung diperoleh sebanyak 4 fase lalu lintas yang akan di optimalkan yaitu Jl. Gatot Subroto, Jl. Pangeran Diponegoro, Jl. Jend. Sudirman dan Jl. Hayam Wuruk, terjadi beberapa pengurangan waktu siklus optimum terutama pada jam sibuk pagi (07.00-08.00) dan jam sibuk siang (12.00-13.00) sebesar 8%-77% sedangkan pada jam sibuk sore (16.00-17.00) terjadi penambahan waktu siklus optimum sebesar 5%-13%, sehingga metode Webster cukup efektif dengan keadaan volume kendaraan di simpang empat Jelutung karena terjadi pengurangan waktu hijau pada lengan simpang yang bervolume rendah dan penambahan lampu hijau pada lengan simpang yang bervolume tinggi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Depositing User: KURNIAWAN
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:59
Last Modified: 24 Sep 2021 03:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26572

Actions (login required)

View Item View Item